Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Menjadi Luas dan Menarik

Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Menjadi Luas dan Menarik

Bagi kamu yang tinggal di apartemen atau kawasan perkotaan tentunya sering berhadapan dengan ruang-ruang yang terbatas. Jika ini kondisi kamu, Maka kamu harus dapat memperhitungkan ruang tamu kecil sebagai tantangan desain yang kreatif. Kunci hidup bahagia dan nyaman di ruang-ruang yang sempit adalah dengan menggabungkan berbagai solusi hemat ruang dan multifungsi sekaligus mengekspresikan gaya pribadi kamu.

Keputusan yang bijak akan menciptakan ruang yang kamu butuhkan serta mengubah ruangan menjadi luas dan menarik. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu membuat ruang tamu kecil menjadi luas dan menarik.

1. Ruang tanpa batas

Pada ruang tamu yang kecil dan terbatas, Kamu dapat menciptakan ruang yang lapang dengan membuka pintu atau dinding sehingga ruang-ruang di sebelahnya dapat menyatu. Ruang tamu bisa terdiri dari gabungan ruang tamu, ruang makan dan dapur jika kamu menyingkirkan setiap dinding pemisahnya. Demikian pula, memperlebar pintu dan membukanya ke arah langit-langit akan memberikan kesan lapang dan lebih terbuka.

2. Pilih perabotan yang tidak terlalu tinggi

Sebuah kesalahan untuk menempatkan perabotan yang berukuran besar di ruang tamu berukuran kecil, jadi tempatkanlah perabotan sesuai dengan proporsi ukuran ruangan. Sebuah ruangan yang kecil juga akan tampak kewalahan terhadap perabotan yang berukuran tinggi, jadi pilihlah perabotan yang berukuran pendek-sedang, mulai dari sofa, meja, hingga kerajinan tangan. Semua ini bertujuan untuk membantu memperluas ruangan secara visual.

3. Atur lukisan atau foto dengan rapi

Jika kamu ingin menggantungkan beberapa lukisan atau foto, tempatkanlah secara rapi dan dalam bentuk yang simetris. Hal ini membantu ruangan agar tidak terkesan berantakan dan membuat ruang tamu tampak lebih bersih dan lapang.

4. Manfaatkan furnitur built-in

Perabot built-in adalah ide investasi yang bagus sekaligus solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan ruang tamu yang terbatas. Kamu dapat menyesuaikan masing-masing furnitur untuk ruang tamu, serta menambahkan satu atau dua elemen lain untuk memaksimalkan penggunaannya.

Salah satu contohnya yaitu tempat penyimpanan multifungsi yang tersembunyi di bawah sofa built-in. Jika membeli furnitur dengan model khusus melebihi anggaran kamu, kembangkan kreativitas kamu dengan laci buatan sendiri di bawah sofa atau rak tempel pada dinding. Pasanglah rak setinggi dinding untuk menciptakan pola vertikal. Penempatan rak yang lebih tinggi akan membantu menciptakan kesan padat di dalam ruangan.

5. Tata letak dan pencahayaan kreatif

Bila memungkinkan, cobalah menata furnitur dengan membuat pemisahan antara beberapa zona fungsional. Kiat ini akan membantu menentukan fungsi yang berbeda dalam satu ruang; misal menempatkan meja di belakang sofa untuk menciptakan ruang kerja, atau mengatur kursi dan sofa kamu dengan cara sedemikian rupa sehingga memisahkan ruang tamu dari ruang makan.

Kamu dapat menentukan tata letak dengan menempatkan lampu gantung yang berbeda di masing-masing zona yang terpisah, misal di zona ruang tamu, gunakan lampu yang dekat dengan langit-langit.

Baca Juga: Tips Membuat Kamar Mandi Terlihat Luas dan Menarik

6. Pilih skema warna yang sederhana

Pilih skema warna yang sederhana, hanya melibatkan maksimal dua warna saja. Warna putih membantu mengesankan ruangan tampak lebih besar. Warna putih bisa dikombinasikan dengan warna natural lainnya seperti biru gelap atau hitam, karena bisa bekerja lebih baik dari warna terang.

Kamu juga bisa menentukan satu warna saja, yakni warna putih yang dikombinasikan dengan gelapnya warna lantai. Alternatif lain, jika perabotan atau mebel dan dinding ruang tamu berwarna gelap, maka pastikan jika lantainya berwarna terang.

7. Cahaya alami maksimal

Manfaatkan sumber cahaya alami untuk membuat ruangan lebih cerah. Sebuah ruangan yang diterangi cahaya matahari tampak lebih terbuka dan membantu menyingkirkan bayang-bayang yang dapat membuat daerah tertutup tampak lebih kecil. Cara paling mudah untuk memaksimalkan cahaya alami dalam sebuah ruang adalah dengan menempatkan cermin yang akan memantulkan cahaya melalui jendela. Selain itu, cermin juga menciptakan ilusi ruang yang kontras. Bila memungkinkan, tempatkan furnitur yang paling sering digunakan seperti sofa atau kursi yang nyaman sehingga memiliki pandangan ke arah luar.

8. Multitask

Dalam ruang yang terbatas, bisakah satu fungsi mencakup lebih dari satu tujuan? Dengan multitask atau fungsi ganda, kamu dapat menampung seluruh kebutuhan ruang tamu kamu. Tempat penyimpanan adalah aspek lain yang berguna. Contohnya adalah meja konsol atau rak dinding sebagai meja dan sofa bed geser multifungsi yang sangat berguna. Sebagai ganti kursi makan, Kamu dapat menggunakan bangku dengan laci tersembunyi. Semuanya memiliki tujuan yang sama dan memberikan ekstra ruang untuk berbagai kebutuhan.

9. Hindari tirai jendela yang tebal

Sebuah jendela yang luas merupakan ‘anugerah’ untuk ruangan berukuran minimalis, sehingga jangan membuatnya tampak sumpek dengan memberikan tirai yang tebal dan berat. Sebagai gantinya pilihlah tirai yang ringan atau yang tembus pandang.

Nah, dengan tips-tips di atas semoga kamu dapat memaksimalkan ruang tamu kecil kamu menjadi terasa lebih luas dan tentu saja sangat menarik untuk tempat berkumpul keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Ruang Tamu Kecil Menjadi Luas dan Menarik"

Posting Komentar