6 Hal Ini Sebab TV Anda Rusak!

6 Hal Ini Sebab TV Anda Rusak!

Sebagai salah satu peralatan elektronik yang cukup sering digunakan di rumah. Banyak informasi, hiburan dan juga beberapa fungsi lain yang bisa didapatkan dengan televisi. Namun, tentu saja terkadang peralatan elektronik di rumah, termasuk televisi mengalami kerusakan karena beberapa penyebab sehingga harus di-service. Namun, tentu Anda bisa menghindari beberapa penyebab kerusakan pada TV Anda dengan mengenali penyebab-penyebab tersebut.

1. Tersambar Petir
Kasus seperti ini memang salah satu yang paling banyak terjadi dan sekaligus juga menjadi penyebab kerusakan pada televisi. Hal ini tentu biasanya terjadi pada saat musim hujan dan sering terjadi sambaran petir. Jika sambaran petir tersebut mengenai antena yang diletakkan di luar ruangan, tentu televisi juga akan ikut tersambar. Arus listrik dari petir akan mengalir karena ada kabel yang menjadi penghantar dari antena ke rangkaian televisi. Ketika hujan tiba dan banyak sambaran petir, matikanlah televisi Anda sejenak.

2. Sering dipukul
Kebiasaan memukul perangkat elektronik saat tiba-tiba terjadi kerusakan atau hang adalah sebuah kebiasaan yang salah. Karena bukannya membuatnya menjadi lebih baik, tetapi malah membuatnya semakin rusak. Tentu ini dapat berakibat pada komponen atau rangkaian elektronik yang berada di dalam televisi. Jika Anda menemukan kerusakan pada televisi, Service TV Anda kepada tukang service yang sudah berpengalaman dalam melakukan service TV.

3. Overheat
Selain kebiasaan memukul peralatan elektronik, menyalakannya seharian penuh tentu juga menjadi salah satu kebiasaan pengguna yang ternyata dapat berakibat pada kerusakan benda elektronik tersebut. Banyak orang yang sering menyalakan televisi tanpa menontonnya. Membiarkan televisi tetap menyala saat sedang tidur juga sering dilakukan. Jika Anda menyelakan TV karena membutuhkan suara Anda bisa menggunakan mode timer yang akan mati secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Karena jika dibiarkan menyala sampai seharian penuh, tentu komponen TV akan semakin panas karena bekerja terus menerus dan menimbulkan overheat. Ini lah yang akan menyebabkan TV menjadi rusak. Selain itu, panas yang terperangkap juga dapat merusak TV. Karenanya, pastikan juga ada ruang untuk udara dapat bersirkulasi dengan baik.

4. Listrik Tidak Stabil
Tak hanya terjadi pada televisi, ini juga terjadi pada peralatan elektronik pada umumnya. Hal seperti ini sering terjadi pada daerah yang pasokan listriknya kurang atau tidak stabil. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan stabilizer listrik untuk menjaga arus agar tidak masuk secara berlebihan atau kekurangan ke TV.

5. Terkena Air
Selain tersambar listrik, tentu ini masalah yang sering terjadi pada saat musim hujan datang. Terutama jika ada titik-titik kebocoran di rumah Anda. Tak hanya itu, ada kemungkinan juga TV tersiram air secara tidak sengaja. Jika ini terjadi, segera matikan televisi Anda dan biarkan sampai benar-benar kering dulu baru menyalakannya kembali. Jika tidak, maka komponen di dalamnya akan terganggu dan bisa rusak.

Tempat yang lembap juga bisa memicu kerusakan, karena komponen-komponennya tersebut akan berkarat dan membuatnya menjadi tidak bekerja dengan baik. Selain itu, tempat yang lembap juga akan membuat berbagai binatang tinggal dengan baik dan nyaman di dalamnya dan akan membuat TV korsleting.

6. Terjatuh
Meskipun ini adalah hal yang tidak diinginkan oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan juga hal ini dapat terjadi karena ketidaksengajaan. Tapi bukan berarti tidak dapat dihindari. Letakkan TV pada tempat yang tepat agar tidak mudah tersenggol sehingga terjatuh. Jika Anda sedang memindahkan TV dari satu tempat ke tempat yang lain menggunakan kendaraan, pastikan TV tersebut terlindungi dengan baik dari berbagai macam kemungkinan benturan atau jatuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Hal Ini Sebab TV Anda Rusak!"

Posting Komentar