Jalan Licin dan Banjir, Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

Musim hujan memberikan suasana yang berbeda terutama mengingat udara lebih sejuk serta matahari tidak seterik biasanya. Meskipun begitu, dalam persoalan berkendara, orang – orang harus lebih ekstra berhati – hati karena berbagai hal yang ditimbulkan saat hujan dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan, misalnya jalanan menjadi licin. Tak hanya itu, hujan deras yang mengguyur terus menerus juga berkemungkinan menyebabkan genangan air bahkan banjir.

Berkendara saat hujan

Keadaan lingkungan yang demikian harus disikapi dengan cukup waspada oleh para pengguna jalan. Apabila ceroboh, pengendara bisa saja mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan. Selain dari cara berkendara, mobil yang digunakan sendiri juga perlu mendapatkan perhatian lebih. Kondisi mobil haruslah optimal agar mampu menerjang hujan dan jalan licin serta banjir setelahnya. Terutama bagian – bagian penting pada mobil yang khusus diperiksa sebelum berkendara saat hujan berikut ini.

1.    Wiper
Wiper merupakan bagian paling krusial ketika berkendara saat hujan. Kondisi wiper yang baik tentu akan dapat membantu penglihatan ketika mengemudi dan membersihkan derasnya air hujan tanpa masalah. Wiper yang masih optimal ialah yang tidak berubah bentuk ketika digunakan. Selain wiper depan, periksa pula wiper belakang karena turut menunjang performa Anda saat berkendara di kala hujan.

2.    Air Pembersih Kaca
Ketika hujan telah selesai, rintik – rintik bekas hujan membuat kaca depan terhalang karena sisa air tersebut. Agar tidak mengganggu, segera bersihkan dengan air pembersih kaca. Sebab itulah penting pula mengecek ketersediaan air pembersih kaca supaya bisa digunakan kapan pun terutama saat musim hujan.

3.    Ban Mobil
Ban mobil juga termasuk salah satu yang penting untuk diperiksa karena kondisi ban mobil yang masih bagus tentu mendukung performa mobil ketika digunakan di jalan yang licin. Apabila ban mobil aus, bisa menyebabkan kecelakaan karena jalanan licin semakin membuat ban tidak stabil. Usahakan memberikan perhatian lebih pada ban mobil Anda saat musim hujan tiba agar terhindar dari potensi peristiwa yang dapat membahayakan keamanan.

4.    Rem Mobil
Rem mobil memegang peran cukup berat dalam berkendara di jalan yang licin karena kondisi yang demikian membuat rem bekerja ekstra. Sebab itulah, selalu periksa rem berada dalam kondisi yang baik sehingga berfungsi optimal, misalnya mengecek kampas rem serta minyak rem.

5.    Lakukan Servis Berkala
Tentu saja untuk menjaga keoptimalan performa mobil khususnya di jalan yang licin dan banjir di musim hujan, lakukanlah servis berkala yang bermanfaat untuk kondisi mobil Anda. Berkendara di jalanan selepas hujan deras selain memerlukan tingkat waspada yang lebih juga perlu didukung dengan performa mobil yang baik. Setelah memastikan berbagai elemen mobil masih terjaga, lakukan pula balancing dan spooring agar mobil lebih optimal.

Tak perlu khawatir khusus untuk anda pengguna mobil Toyota dengan hadirnya dealer resmi Auto2000 Dealer Toyota Banjarmasin dapat membantu Anda dalam segala keperluan berkendara agar mobil performanya tetap terjaga. Dealer Toyota Banjarmasin dari Auto2000 menyediakan berbagai sparepart asli sehingga kualitasnya tak perlu diragukan. Segera jadwalkan servis berkalan di Dealer Toyota Banjarmasin untuk menjaga mobil Anda tetap prima, bisa juga cek di website Auto2000 di https://auto2000.co.id/cabang-toyota/banjarmasin/auto2000-ahmadyani-banjarmasin/.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan Licin dan Banjir, Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara"

Posting Komentar