Efektif! 6 Jenis Olahraga di Rumah untuk Kesehatan Anak 4 Tahun

Periode emas dalam usia pertumbuhan anak harus dioptimalkan. Usia balita merupakan periode emas yang memerlukan perhatian, terlebih kesehatan anak 4 tahun. Saat menginjak usia 4 tahun, si kecil mulai aktif bergerak dan memiliki rasa ingin tahu yang besar, sehingga aktivitasnya sangat banyak. 6 jenis olahraga di rumah ini efektif mendukung kesehatan anak.

Hula Hoop Anak
Bermain Hula Hoop sangat baik untuk Olahraga anak


1. Senam

Senam adalah olahraga paling simple dan asyik. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah dan kapan saja sesuai waktu luang. Anda bisa mengajak si kecil untuk senam bersama. Berikan contoh gerakan senam mulai dari yang sederhana, sehingga si kecil mampu menirukan gerakan Anda. Lama kelamaan, ia bisa terbiasa.

Olahraga dengan beragam gerakan sambil diiringi musik ini bisa menarik perhatian si kecil, sehingga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda untuk mengajaknya berolahraga di rumah. Olahraga senam terbilang efektif karena tergolong aman, mengasyikkan, murah, serta bisa melatih kemampuan anak untuk menyesuaikan gerak dan lagu.

2. Berlari

Berlari merupakan salah satu olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan kapan pun. Anda bisa mengajak buah hati untuk rutin melakukan jongging pada pagi atau sore hari. Rutinitas ini akan bermanfaat bagi kesehatan si kecil, di antaranya memperkuat kekuatan otot, melancarkan sistem pernafasan, dan sebagainya.

3. Lompat Tali

Lompat tali umumnya dilakukan untuk permainan. Akan tetapi, olahraga sambil bermain bersama si kecil bisa dilakukan dengan permainan lompat tali. Kesehatan anak usia 4 tahun bisa mendukung kekuatan dan kelincahannya. Kemampuan motoriknya akan meningkat seiring berjalannya waktu.
Anda bisa menyediakan tali skipping atau tali dari karet gelang untuk olahraga lompat tali. Si kecil akan beradaptasi dan mencoba menghadapi tantangan ini. Seiring berjalannya waktu, ia akan terlatih dan menjadi lincah. Anda bisa memberikan hadiah apabila anak sudah berhasil melompat sesuai target yang ditetapkan atas persetujuan.

4. Lempar Bola

Olahraga ringan untuk si kecil selanjutnya adalah lempar bola. Kecerdasan motorik yang berkaitan dengan kemampuan gerak akan meningkat dengan pelatihan olahraga lempar bola. Untuk melakukan olahraga ringan yang mengasyikkan ini, Anda bisa melakukannya bersama si kecil ataupun mengajak anggota keluarga lain.

Anda bisa menentukan berapa poin yang diberikan kepada pemenangnya, yaitu orang yang berhasil menangkap bola. Dengan demikian, maka si kecil akan merasa tertantang dan ingin berusaha lebih untuk berhasil menangkap bola. Semangatnya juga akan bertambah apabila di akhir nanti, Anda memberikan hadiah untuknya.

5. Hula Hoop

Tahu istilah hula hoop? Olahraga sekaligus permainan ini sangat baik untuk menunjang kecerdasan motorik anak. Umumnya, permainan ini menjadi salah satu pertunjukan sirkus. Untuk menunjang kesehatan anak pada usia 4 tahun, olahraga ringan sekaligus permainan ini dapat melatih untuk fokus dan menjaga keseimbangan.

Keseimbangan tersebut perlu agar hula hoop tidak jatuh. Berikan contoh kepada anak Anda, sehingga timbul tantangan yang mulai dirasakan oleh si kecil. Mereka akan tertarik untuk terus mencoba dan mencoba lagi. Kekuatan otot perut juga dilatih dalam olahraga asyik ini.

6. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat mengasyikkan. Selain membuat tubuh rileks, olahraga dalam air ini memberikan pengalaman tersendiri bagi si kecil. Perkembangan motoriknya bisa berjalan efektif ketika mengenal olahraga renang. Bagi Anda yang punya kolam renang, maka manfaatkan untuk berenang bersama.

Si kecil akan senang ketika bermain di air dan berenang menggunakan pelampung ban warna-warni yang lucu. Anda dapat mengajarinya berenang sedikit demi sedikit. Yang terpenting, si kecil sudah mengenal kolam renang dan bisa beradaptasi untuk bisa mengambang saat berada di dalam air.

Kesehatan harus dijaga karena menunjang terlaksananya aktivitas dengan lancar dan tetap seimbang dengan kondisi kekuatan tubuh. Anak usia 4 tahun yang mulai aktif bergerak perlu mendapat asupan gizi untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuhnya. Si kecil perlu mengonsumsi nutrisi yang cukup, yaitu dengan asupan susu berkualitas.

Kelengkapan nutrisi dalam susu anak harus diketahui dengan jelas dan sesuai dengan usia anak. Tujuannya agar kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik. Susu Frisian Flag untuk usia 4-6 tahun yang merupakan kelanjutan dari Frisian Flag Jelajah, punya kelengkapan nutrisi yang mampu mendukung kesehatan anak 4 tahun, sehingga melancarkan setiap aktivitasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efektif! 6 Jenis Olahraga di Rumah untuk Kesehatan Anak 4 Tahun"

Posting Komentar