Perhatikan 5 Hal Penting Ini Jika Ingin Selamat Saat Mendaki Gunung

Sejak film 5 CM melejit dan banyak ditonton orang, entah kenapa kegiatan naik gunung turut menjadi trend di banyak kalangan, mulai dari mendaki bukit hingga gunung. Sebagian orang memang ada yang berjiwa sejati sebagai pendaki, namun tidak sedikit yang hanya sekedar ikut-ikutan trend dan sebagai ajang pamer di sosial media. Well, tidak heran jika kita masih menemui perilaku tidak baik seperti mencoret-coret batu atau pohon, membuang sampah di hutan dan lainnya. Hal ini memang kerap terjadi karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan. Untuk kamu yang berniat mendaki gunung, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah dalam berperilaku.

Selamat Saat Mendaki Gunung


1. Jangan Anggap Remeh Medan Pendakian
Terkadang, karena baru pertama kali mendaki dan masih berada di awal perjalanan, ada yang nyeletuk “wah segini doang jalannya!” atau berbagai jenis ucapan lainnya yang bernada meremehkan. Stop! jangan ulangi lagi atau jangan pernah remehkan medan pendakian karena banyak orang yang seringkali menganggap remeh namun akhirnya justru kewalahan dan tidak kuat fisik.

2. Siapkan Perlengkapan Sendiri
Mendaki gunung dapat mengajarkan kemandirian, contohnya saja dalam mempersiapkan barang kebutuhan pribadi. Jangan berharap untuk mengandalkan barang dari orang lain saat mendaki gunung karena setiap orang pasti mengalami hal yang sama misalnya kehausan, jadi sebaiknya bawa barang kebutuhan sendiri tanpa harus mengharap dari orang lain. Beberapa barang penting seperti bekal, jaket gunung, senter, obat P3K, baju ganti, kompas, peta dan lainnya, sebaiknya dibawa masing-masing pendaki.

3. Jangan Buang Sampah Sembarangan
Jangan ngaku cinta alam kalau masih suka buang sampah sembarangan! Sebisa mungkin untuk tidak membuang sampah selama dalam perjalanan. Solusinya, bawa kantong khusus untuk tempat sampah. Jadi, alam tetap terjaga kelestarian dan kebersihannya. Terapkan prinsip ini dimanapun berada, mau di gunung, pantai atau tempat wisata lainnya.

4. Jaga Perilaku Dan Ucapan
Jika kamu tipe orang yang banyak bicara, saat mendaki gunung sebaiknya tahan dulu sikap kamu karena memang tidak dianjurkan banyak bicara dan berperilaku aneh saat mendaki gunung. Memang aturan ini terkesan klise namun nyatanya banyak yang selamat dengan menjaga mulut.

5. Istirahat Secukupnya
Dalam perjalanan, sudah pasti akan mengalami kelelehan apalagi jika membawa tas gunung yang berat dan besar. Ada saatnya memang harus istirahat untuk sekedar melonggarkan otot-otot, menghilangkan haus dan penat. Namun jangan terlena, istirahat secukupnya saja jika ingin sampai tujuan tepat waktu. Sebaiknya batasi waktu istirahat dalam perjalanan misalnya 10-15 menit saja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan 5 Hal Penting Ini Jika Ingin Selamat Saat Mendaki Gunung"

Posting Komentar