Apa Itu Supply Chain Management? Kenapa Sangat Dibutuhkan Perusahaan?

Banyak perusahaan yang membutuhkan seseorang yang bisa mengatur supply chain perusahaan, sehingga tidak heran lowongan supply chain banyak disebarluaskan lewat situs pencari kerja online seperti logistikjobs.id.

Bila melihat lowongan supply chain di situs pencari kerja logistikjobs.id, apa yang Anda ketahui? Jangan sampai Anda berniat ingin melamar pada lowongan supply chain tapi tidak tau apa sebenarnya supply chain dan bagaimana ia bekerja. Sebagai gambaran berikut adalah pengertian supply chain manajemen dalam perusahaan.

Apa Itu Supply Chain Management

Pengertian Supply Chain Manajemen Perusahaan

Supply merupakan material yang disimpan sampai dirawat berdasarkan aturan yang sudah diterapkan dalam suatu tempat persediaan agar bisa digunakan dalam keadaan yang selalu siap pakai serta bisa di tatausahakan di dalam buku miliki perusahaan.

Sementara pengertian dari supply chain sendiri merupakan proses dalam sebuah bisnis serta informasi yang berulang serta menyediakan produk atau pun layanan dari para pemasok lewat proses pembuatan serta pendistribusian kepada para konsumennya.

Lalu, apa supply chain management? Ini merupakan rangkaian dari sebuah aktivitas yang sudah harus dilakukan dan terlibat langsung dalam proses transformasi serta pendistribusian barang mulai dari bagaimana bahan baku awalnya, dari alam hingga membentuk produk jadi untuk para konsumennya.

Sehingga dalam pengertian di atas ada beberapa tugas yang dibutuhkan oleh seorang supply chain staff. Anda jangan asal mengirimkan lowongan supply chain lewat situs online seperti logistikjob.id saja, Anda juga harus paham mengapa perusahaan membutuhkan dan memberikan informasi lowongan supply chain tersebut.

Jadi, kenapa perusahaan membutuhkan supply chain staff? Perusahaan membutuhkan orang yang bisa melakukan pemantauan. Dalam lowongan supply chain yang diinformasikan lewat situs pencari kerja online logistikjobs.id, Anda akan melihat salah satu syarat kualifikasi “berpengalaman” tertulis di dalamnya. Ini tentunya buka sembarangan dimasukan, karena memang tugas yang perlu dilakukan juga tidaklah mudah. Dimana tugas pertama yang perlu dilakukan adalah karyawan atau staff yang bertanggung jawab harus bisa melakukan proses pemantauan.

Apa yang harus dipantau? Proses aliran barang dari hulu ke hilir. Mulai dari bahan baku yang nantinya akan dikirim ke vendor ataupun dari supplier ke perusahaan, kemudian proses produksi sampai dengan pengiriman langsung ke distributor dan pengecer sampai dengan konsumen.

Tahukah Anda? Proses aliran barang merupakan job deskripsi paling utama dan wajib serta tidak boleh dikesampingkan oleh mereka yang sudah menjadi seorang supply chain staff. Begitu juga Anda yang ingin melamar pada lowongan supply chain.

Sebelum melamar juga Anda harus tahu bahwa banyak tugas yang memang harus dilakukan secara teliti oleh seorang supply chain staff. Selain melakukan pemantauan juga harus bisa mengatur bagaimana material mentah perusahaan bergerak, melakukan planning atau perencanaan hingga berkordinasi dengan pihak-pihak yang sangat dibutuhkan dan berhubungan dengan produksi dari produk perusahaan.

Bergabung ke dalam supply chain staff perusahaan memang tidaklah mudah, namun Anda bisa terbiasa bila ingin terus belajar. Cari informasi mengenai lowongan supply chain terlebih dahulu, apa yang dibutuhkan dari mulai skill hingga pengisian CV yang dibutuhkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Supply Chain Management? Kenapa Sangat Dibutuhkan Perusahaan?"

Posting Komentar