4 Pertimbangan Memilih Lembaga Pendidikan Umum atau Khusus?

Setiap orang tua pasti ingin mendaftarkan anak-anaknya di sekolah yang tepat dengan pendidikan dan pembelajaran yang terbaik. Membuat keputusan menentukan sekolah mana yang terbaik tidak semudah yang kita bayangkan.

Banyak pertimbangan yang harus di pertimbangkan, terutama untuk orang-orang yang memiliki agama Kristen. Pasti kalian terfikirkan ingin mendaftarkan anak Anda di sekolah umum atau di SPK Terbaik bukan?

sekolah pendidikan Kristen

Dan apakah sekolah non-kristen dengan sekolah pendidikan Kristen (SPK) sama-sama dapat memberikan apa yang diharapkan? Berikut ini ada 4 pertimbangan atas setiap pertanyaan yang ada dibenak Anda, karena semua itu benar-benar tergantung dari sejumlah faktor. Berikut penjelasannya.

1.    Pengajaran yang lebih siap dalam akademis dan non akademis
Secara umum, sekolah-sekolah Kristen cenderung lebih mempersiapkan siswa mereka di bidang membaca, menulis dan tata bahasa atau sesuai dengan minat dan kemampuan siswa.
Dan tentunya semua persiapan itu didukung dengan teori dan praktek untuk menunjang tingkat keberhasilan pemahaman yang dicapai.

Setiap pembelajaran yang didapat pastinya juga akan diberikan pemahaman yang bukan hanya berdasarkan data sains melainkan juga pemahaman berdasarkan alkitab.
Untuk sekolah non-kristen sendiri atau umum, pastinya pembelajaran yang diberikan dan diutamakan adalah yang bersifat akademis saja.


2.    Mempelajari hukum disiplin
Inilah salah satu kelebihan dari sekolah-sekolah Kristen yang ada, yaitu mempelajari hukum disiplin.
Artikel American Association of Christian Schools “Reaping the Benefits of a Christian School” oleh Charles Walker  mencatat bahwa,
“Para guru secara terbuka akan menunjukkan dan mencontohkan prinsip-prinsip perilaku dan sikap disiplin yang diajarkan dalam  Kristen”,
dan ini adalah salah satu alasan mengapa Anda mengirim anak Anda ke sekolah Kristen karena
” Anak-anak Anda akan belajar bagaimana menghormati satu sama lain dan mereka juga akan belajar arti cinta Kristus dari para guru mereka di sekolah. “

3.    Keseimbangan pengetahuan dan agama
Jika Anda ingin anak-anak Anda bersekolah bukan hanya sekedar pendidikan tapi juga dalam hal agama, mendaftarkan mereka di SPK terbaik merupakan pilihan yang tepat.

Seperti yang ktia tahu, bahwa sekolah non-kristen atau sekolah umum yang ada kini lebih mengedepankan teknologi dan sains dibandingkan penanaman rohani sehingga berjalan tidak seimbang. Tetapi tidak semua seperti itu, masih ada sekolah umum yang juga memperhatikan hal ini.

Jika Anda memilih sekolah non-kristen, Anda masih bisa membekali pendidikan agama pada anak Anda dengan mengikuti program pendidikan untuk anak-anak setelah sepulang sekolah atau seminggu sekali di gereja terdekat.

4.    Mempertimbangkan kondisi lingkungan pendidikan
Ketika Anda ingin membandingkan akademisi, Anda juga harus mempertimbangkan sekolah yang ada disekitar Anda.

Di beberapa tempat mungkin kita bisa menemukan perbedaan besar pada SPK terbaik dan sekolah negeri dalam hal akademis.

Namun juga tidak menutup kemungkinan jika sekolah negeri bisa lebih unggul dari sekolah non-kristen dalam hal akademis.

Dan pada umumnya sekolah-sekolah Kristen berhasil mendidik setiap siswanya untuk mencapai nilai akademis yang terbaik dengan berbagai prestasi dan lomba yang mereka ikuti.
Tetapi disini yang harus Anda tekankan adalah kualitas dari sekolah itu sendiri yang Anda jadikan pilihan, dan lingkungan untuk sekolah non-kristen yang dapat Anda terima.

Kesimpulan

Mempertimbangkan pendidikan akademis dan non akademis memanglah sangat penting karena untuk membentuk karakterk kepribadian anak – anak Anda.

Keberhasilan bukan hanya dinilai dari mendapatkan nilai yang bagus, tetapi keberhasilan juga dinilai dari sikap dan perbuatan serta kepercayaan agama yang ternaman dalam diri mereka yang menuntunnya dalam kehidupan yang lebih sempurna dan bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Pertimbangan Memilih Lembaga Pendidikan Umum atau Khusus?"

Posting Komentar