Berita Politik Terhangat : Jelang Debat Capres dan Cawapres Pertama

Berita politik terhangat minggu ini ialah akan di adakannya debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden Indonesia, Pada kamis 17 januari 2019 pukul 20:00 WIB. Acara ini akan diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Ada banyak hal yang dipersiapkan oleh pihak capres, cawapres dan juga komisi pemilihan umum (KPU). Sehingga acara ini nanti nya di harapkan bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Mari kita lihat apa saja yang sudah di persiapkan KPU. Sehingga kita bisa tahu harus memilih siapa di pemilu nanti.


Debat Capres dan Cawapres Pertama 2019

Tema Debat Pertama Capres Cawapres
Di debat pertama ini komisi pemilihan umum (KPU) memberikan beberapa tema. Ada empat tema yang diberikan yaitu Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Empat tema tersebut memang sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Masyarakat bisa menilai pendapat capres dan cawapres mengenai hal tersebut.

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, mengatakan ia telah memberikan sejumah kisi-kisi mengenai debat capres cawapres. Kurang lebih ada 20 pertanyaan yang akan diberikan. Masalah kisi-kisi ini sempat menjadi perdebatan di masyarakat. Karena bisa membuat jawaban capres cawapres tidak semua dengan kenyataan. Dari pengamat, menginginkan debat tersebut membahas tentang kasus novel dan juga hilangnya aktivis HAM. Apalagi masalah HAM di indonesia masih jauh dari kata baik.

Debat Dibagi Menjadi 6 Segmen
Acara debat pertama ini akan disiarkan langsung di 4 stasiun tv yaitu TVRI, kompas tv, RTV dan RRI. Total ada 5 debat yang akan diadakan KPU. Setiap acara debat akan disiarkan di stasiun tv yang berbeda-beda. Untuk debat pertama ini sudah dilakukan beberapa persiapan. Seperti menentukan penelis, moderator, tema, tempat dan lainnya.

Imam priyono dan Ira koesno akan berperan sebagai moderator di debat pertama ini. selain itu ada 6 panelis yang akan bertugas. Yaitu Ketua Komnas  Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, Guru Besar Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo dan dua Ahli tata negara Margarito Kamis an Bivitri Susanti.

KPU menetapkan ada enam segmen di debat pertama pilpres 2019 ini. segmen pertama untuk menyampaikan visi dan misi masing-masing paslon. Segmen kedua dan ketiga untuk menjawab pertanyaan terbuka. Penelis sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan dijawab langsung oleh pasangan capres dan cawapres.

Segmen keempat dan kelima, pasangan calon capres dan cawapres melemparkan pertanyaan ke calon lainnya. pertanyaan bisa disusun sendiri oleh masing-masing pasangan calon presiden dan wakil preside. Di segmen terakhir, KPU akan memberikan kesempatan masing-masing calon untuk menyampaikan penutupnya

Sebelum menonton acara debat capres cawapres nanti, sebaiknya ketahui apa visi dan misi dari kedua belah pihak. Sehingga masyarakat bisa memilih calon presiden dan wakil presiden dengan sebaik mungkin. apalagi kondisi politik di Indonesia sedang panas. Ada banyak sekali perpecahan yang terjadi karena dukungan politik.

Sebagai masyarakat, kita harus bisa berpikir jernih. Memilih calon presiden dan wakil presiden yang baik untuk bangsa Indonesia ini. Yang bisa membangun bangsa Indonesia ini jauh lebih baik di masa mendatang.

KPU berharap masyarakat bisa damai, tidak ada perpecahan meski berbeda dalam pandangan politik. Sehingga proses pemilihan umum april nanti bisa berjalan dengan jujur, adil dan aman.

Yuk mari kita bersama-sama berdo'a untuk kelancaran debat capres cawapres pertama ini dan pemilihan umum april nanti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berita Politik Terhangat : Jelang Debat Capres dan Cawapres Pertama"

Posting Komentar