10 Barang Atau Perlengkapan Bayi Yang Perlu Disediakan Saat Bayi Lahir

Diantara mommy disini, siapa yang lagi rempong buat persiapan menyambut kelahiran anak pertama? Dari pengalaman pribadi nih, biasanya mommy suka sibuk membuat list barang atau perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan untuk menyambut sang buah hati lahir ke dunia. Saya sendiri, dulu sempat bingung kira-kira barang apa saja yang perlu disiapkan menjelang kelahiran, mungkin diantara pembaca juga ada yang mengalami hal serupa. Untuk membantu memudahkan para calon ibu menyiapkan segala keperluan bayi, berikut saya buatkan daftar keperluan bayi yang penting untuk disediakan sebelum melahirkan.

Perlengkapan Bayi

1.    Pakaian
Barang pertama yang wajib ada tentu saja pakaian bayi. Memilih beragam pakaian bayi adalah hal yang menyenangkan karena ada banyak baju bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan yang bisa dipilih. Oya, pastikan untuk memilih pakaian bayi dengan bahan yang lembut dan nyaman yang mom.

2.    Bedong
Agar sesaat bayi lahir, tubuhnya tetap hangat maka diperlukan kain pembungkus seperti bedong. Mommy bisa menyiapkan sekitar 1 lusin atau lebih bedong sebagai persiapan awal.

3.    Selimut
Tidak hanya bedong, bayi juga tetap perlu selimut sebagai pelindung tubuhnya, terlebih jika bayi harus dibawa ke luar ruangan. Saat ini, ada banyak jenis selimut bayi yang lucu dan unik lho mom, penampilan bayi pastinya bisa jadi semakin imut.

4.    Kasur
Ada baiknya menggunakan kasur bayi khusus yang biasanya dijual sudah 1 set beserta bantal dan guling. Pilih kasur yang empuk berlapis kain lembut agar bayi dapat betah dan tidur nyenyak. Kini, ada banyak kasur bayi yang sudah dilengkapi dengan kelambu sehingga memberikan perlindungan ekstra dari berbagai bahaya dan gangguan seperti misalnya gigitan nyamuk.

5.    Bantal
Nah, jika belum ada bantal khusus untuk bayi, mommy bisa membeli secara terpisah. Cukup gunakan bantal kecil empuk dengan ketinggian yang rendah agar kepala bayi tetap bisa merasa nyaman dan mencegah bagian lehernya dari rasa pegal.

6.    Kelambu
Apabila tempat tidur bayi belum dilengkapi kelambu, sebaiknya beli kelambu ya mom, biar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya. Menggunakan kelambu juga mampu membuat bayi lebih nyenyak tidurnya karena terlindung dari udara dingin disekitar tempat ia tidur.

7.    Sarung Tangan dan Kaki
Lengkapi pakaian bayi dengan sarung tangan dan kaki. Fungsi dari sarung ini kurang lebih sama seperti bedong yaitu untuk membuat bagian tubuh bayi khususnya tangan dan kaki tetap hangat. Namun, jika bayi merasa gerah atau cuaca sedang panas, bisa melepaskannya dan cukup gunakan hanya sesekali saja.

8.    Peralatan Mandi
Untuk membuat tubuh bayi bersih dan wangi, gunakan peralatan mandi khusus bayi seperti sabun dan shampoo. Umumnya, kulit bayi masih sangat sensitif sehingga tidak boleh menggunakan produk sembarangan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan alergi, iritasi dan lainnya. Mommy bisa memilih perlengkapan bayi berupa peralatan mandi bayi dari produk terkenal dan terbukti sudah lulus uji klinis.

9.    Bak Mandi Khusus
Kegiatan memandikan bayi bisa jadi adalah hal yang sulit, terlebih bagi mommy yang belum terbiasa dan berpengalaman. Untuk memudahkan, mommy bisa membeli bak mandi khusus untuk bayi yang dilengkapi dengan pengaman dan alas mandi bayi. Pekerjaan memandikan bayi pastinya bisa jadi lebih gampang dan aman.

10.    Minyak Telon
Perlengkapan bayi terakhir yang harus mommy sediakan adalah minyak telon. Mommy bisa memilih mau menggunakan produk minyak telon apa saja asalkan aman untuk bayi.

Nah, itu tadi 10 perlengkapan bayi yang setidaknya harus ada atau wajib disediakan menjelang kelahiran sang buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Barang Atau Perlengkapan Bayi Yang Perlu Disediakan Saat Bayi Lahir"

Posting Komentar