Tips Memilih Bumbu Masak di Pasaran yang Berkualitas Tanpa Bahan Pengawet

Membeli aneka bumbu masak yang ada di pasaran saat ini menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan para ibu-ibu karena tidak punya banyak waktu untuk memasak. Apalagi pembuatan bumbu nya juga lama, karena itulah seseorang sering menggunakan bumbu masak yang ada di pasaran.

Tidak jarang bumbu masak yang ada di pasaran itu kualitasnya jelek, atau menggunakan bahan pengawet. Karena itulah kita harus jeli dalam memilih bumbu masak yang berkualitas serta tanpa bahan pengawet agar kesehatan tetap terjaga. Nah, untuk memilih bumbu masak yang berkualitas, yuk simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini:


Tips Memilih Bumbu Masak Berkualitas


1. Kenali Bumbu dan Sesuaikan Dengan Masakan
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk memilih bumbu masak di pasaran adalah melihat apakah bumbu tersebut merupakan bumbu yang anda butuhkan. Ada yang menjual bumbu untuk masakan tertentu jadi satu.

Ada juga yang setiap bumbu dijual terpisah, misalnya bumbu bawang merah giling, bawang putih giling, cabe giling dan lain-lain. karena itulah kenali dulu anda ingin membeli bumbu masakan apa? Agar anda tidak salah beli tentunya.

2. Pastikan Bumbu Tidak Mencolok
Ketika anda membeli bumbu masak, sebaiknya perhatikan warna nya dengan baik apakah bumbu tersebut mencolok atau tidak? Misalnya warna cabai merah, pasi berwarna merah seperti cabai dan tidak terlalu terang.

Begitu juga degan kunyit, yang warna nya kuning agak redup, bukan kuning yang terang seperti kuning neon. Karena itulah anda harus tahu bahwa biasanya bumbu yang punya warna mencolok tidak seperti aslinya biasanya sudah dicampur dengan pewarna yang berbahaya untuk kesehatan, jadi wajib anda hindari.

3. Cium Aroma Bumbu
Bumbu giling yang berkualitas tentunya terbuat dari bahan yang segar serta memiliki bau yang segar juga. Jadi anda harus mencium aromanya lebih dulu, pastikan tidak ada bau asam, busuk, tengik hingga bau bahan kimia pada bumbu masak tersebut.

Pilihlah bumbu yang aromanya paling mendekati bahan aslinya, karena kalau bahan nya asli digiling dari bahan asli alami. Jika tercium bau yang tidak khas, atau kurang tajam dari bahan aslinya, bisa dipastikan bahwa bahan tersebut digiling dengan alat yang tidak bersih atau bahan yang kurang segar.

4. Cek Harga
Nah, jika sudah dipastikan semuanya bahwa bumbu yang akan anda beli tersebut berkualitas bagus, maka sebaiknya anda mengecek harganya. Jangan takut membeli harga bumbu masak yang lebih tinggi dari yang lain jika memang bumbu masak nya berkualitas.

Hal yang paling penting tentunya adalah kualitas, jadi jangan pernah anda membandingkan harganya saja. terkadang bumbu yang berkualitas jelek memang punya harga yang rendah, tetapi hal tersebut juga tidak bisa menjadi patokan untuk anda membeli bumbu yang mahal tanpa melihat kualitas aslinya.

Jika anda sudah membeli bumbu masak yang sesuai, jangan lupa untuk memasukkan nya ke dalam kulkas jika memang belum ingin dipakai. Memasukkan bumbu masak ke dalam kulkas akan membuatnya lebih awet.

Anda bisa menggunakannya lain waktu saat anda membutuhkan nya untuk memasak sesuatu, terutama jika anda membeli bumbu masakan tertentu. Biasanya bumbu masakan tertentu juga sudah ada, dan akan semakin mudah untuk membantu anda membuat masakan yang enak dan lezat.

Itulah informasi tentang bumbu masak yang bisa kami informasikan untuk anda, jangan sampai salah pilih bumbu masak yang berkualitas dan sehat ya, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Bumbu Masak di Pasaran yang Berkualitas Tanpa Bahan Pengawet"

Posting Komentar