5 Penyebab Biduran yang Harus Anda Waspadai

Apakah anda pernah mengalami biduran? Biduran merupakan kondisi dimana kulit terasa gatal disertai dengan bentol merah yang terus melebar serta menyebar pada kulit. Biduran dalam bahasa medisnya adalah urtikaria.

Kondisi ini bisa menyerang pada bagian wajah, lengan, kaki, hingga badan seseorang, dan bisa saja terus menyebar. Anda terkadang tidak menyadari ketika tiba-tiba saja merasa gatal pada kulit, dan ternyata anda sudah terkena biduran.

5 Penyebab Biduran

Lalu sebenarnya apa ya penyebab biduran? Kok bisa kulit terasa gatal dengan warna merah yang bentol tersebut? Yuk lihat penyebabnya berikut ini:

1. Alergi Makanan
Hal pertama yang bisa menjadi penyebab biduran adalah karena alergi makanan, apalagi jika sampai tertelan. Misalnya saja seseorang alergi terhadap kerang, kacang tanah, telu hingga buah beri yang orang lain bisa makan, tetapi ada kasus seseorang tidak bisa memakan nya.

Selain itu biduran juga bisa disebabkan oleh beberapa bahan makanan, misalnya saja pewarna buatan, pengawet dan bahan kimia lain. jika anda salah satu orang yang alergi, sebaiknya hindari saja makanan yang bisa memicu alergi ya.

2. Udara Luar
Biasanya muncul bentol-bentol tersebut diakibatkan gigitan serangga atau paparan serbuk sari yang biasa diketahui. Tetapi bisa juga biduran disebabkan oleh sinar matahari, angin kencang hingga suhu dingin juga lo.

Nah, untuk menghindari rasa gatal akibat udara luar yang dingin misalnya, maka anda bisa menggunakan antihistamin agar biduran tidak muncul hanya karena perpindahan cuaca. Dengan begitu anda bisa menikmati musim hujan hingga musim kemarau sekalipun tanpa biduran.

3. Penyakit Tertentu
Biduran bukan hanya sekedar rasa gatal serta bentol di kulit saja, ternyata biduran juga bisa memberikan sinyal tentang masalah kesehatan yang dialami. Pasien dengan penyakit lupus, hepatitis, hingga HIV memiliki gejala yang mirip biduran.

Tetapi jenis biduran nya tergolong kronis sehingga sulit di obati, kecuali dengan obat khusus yang diresepkan dokter.

4. Berkeringat
Keringat merupakan hal yang biasa terjadi pada manusia karena gerah dan panas yang melanda, dan keringat bukanlah hal yang menyebabkan gatal-gatal. Akan tetapi, tubuh yang berkeringat menandakan bahwa ia mengalami kenaikan suhu pada tubuhnya.

Bagi beberapa orang kenaikan suhu ternyata bisa menimbulkan gatal-gatal juga, dan cukup banyak orang yang mengalaminya.

Saat berkeringat, tubuh tentu akan memproduksi asetilkolin, yang merupakan bahan kimia yang akan menghambat pemecahan sel. Asetilkolin ini bisa mengganggu perkembangan sel-sel kulit sehingga kulit tersebut bisa iritasi serta memicu ruam.

5. Stress
Penelitian ternyata juga menyebutkan bahwa stress juga merupakan penyebab dari penyakit biduran ini loh. Stress yang berlebih hanya akan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih mudah terkena masalah kulit, termasuk juga biduran.

Jika seseorang mengalami penyakit biduran yang kronis berkali-kali, bahkan muncul selama lebih dari 6 minggu, stress dan amarah bisa melepaskan histamine. Sehingga tubuh akan memberikan respon peradangan yang bisa memunculkan bentol merah layaknya biduran.

Jika anda ternyata mengalami urtikaria kronis yang disebabkan oleh suhu panas ataupun penyakit, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan menyarankan obat seperti antihistamin agar gejala yang ditimbulkan bisa berkurang.

Sementara jika biduran disebabkan oleh stress, maka kendalikan stress anda dengan beberapa hal seperti olahraga, meditasi, latihan pernafasan, berwisata ke tempat yang indah dan lain-lain. karena sangatlah banyak cara menghilangkan stress dengan mudah.

Jadi mari kita jaga kesehatan agar tidak mengalami hal buruk ataupun penyakit yang buruk, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Penyebab Biduran yang Harus Anda Waspadai"

Posting Komentar