Toleransi Adalah Peradaban Islam

Islam menjadi salah satu agama yang paling mempunyai penganut terbanyak di Indonesia. Walaupun pada dasarnya agama yang ada di Indonesia tidak hanya Islam saja melainkan ada beberapa agama lain yang dianut oleh penduduknya. Karena hidup berdampingan dengan agama lain maka ada empat adab berteman dengan islam yang perlu diketahui oleh semua orang. Demi menjaga persahabatan antara agama Islam dengan agama lainnya maka dibutuhkan empat hal berikut ini :

Toleransi Adalah Peradaban Islam

1. Memberikan sebagian dari hartanya kepada sahabatnya. Sahabat dibagi menjadi beberapa bagian yakni ada sahabat tingkat tinggi, tingkat menengah, dan tingkat rendah. Pembagian dari sahabat tersebut di tentukan dari bagaimana anda memperlakukan atau menganggap sahabat tersebut.
2. Selalu membantu sahabat dalam memenuhi kebutuhan hidup walaupun sahabat anda tidak meminta bantuan. Sebagai seorang sahabat anda harus tahu keadaan sahabat anda apakah sedang membutuhkan bantuan atau tidak.
3. Tidak melakukan hal dibenci oleh sahabat, setidaknya jangan melakukan hal yang akan memicu sebuah pertengkaran antara kedua kubu.
4. Sebaiknya berbicara dengan sahabat menggunakan tutur kata yang sopan sehingga akan membuat hati menjadi lebih nyaman.

Empat adab persahabatan yang ada di atas tentu akan membuat persahabatan anda menjadi lebih aman dan akan terhidar dari berbagai permasalahan. Sejarah toleransi di Islam memang sudah ada sejak lama, bahkan ada banyak peristiwa yang menunjukan bahwa adanya sebuah toleransi yang dipegang teguh oleh setiap orang. Toleransi islam bisa anda temui pertama kalinya ketika ada sebuah perjanjian Hudaibiyah yang mana menjelaskan bahwa toleransi dalam islam bersifat otentik.

Toleransi dalam islam hanya merupakan sebuah persoalan dalam implementasi dan juga sebuah komitmen untuk menjalankannya. Toleransi dalam Islam bukan berarti mengharuskan melebur menjadi satu di dalam keyakinan, bukan juga digunakan untuk bertukar keyakinan yang masing – masing dianut oleh manusia, namun toleransi hanya sebagai cara untuk tetap menjaga interaksi sosial menjadi lebih bersahabat. Ada beberapa batasan yang harus dipahami oleh setiap umat manusia yang mana batasan tersebut tidak boleh dilanggar, batasan untuk tidak bersama tentu akan menjaga hak dan menjaga keyakinan yang dimiliki oleh setiap manusia.

Dalam perkembangan agama Islam anda akan menemukan beberapa peristiwa yang sangat penting yang menandakan bahwa tolerenasi sangat dipegang teguh dalam beragama. Inilah beberapa peristiwa tersebut :

1. Peristiwa pertama ditunjukan dengan adanya seorang ilmuan dari Yahudi yang mengambil keputusan untuk masuk Islam, namun ilmuan tersebut kembali lagi keyahudiannya. Kemudian Qadhi Fadil menetapkan sebuah keputusan yang mana menjaga toleransi dan membesakan dirinya dari tuduhan murtad karena hal ini merupakan pilihan diri sendiri.

2. Peristiwa kedua bisa juga dilihat dari Sultan Mughol yang mana dirinya seorang penganut agama Budha yang sebelumnya juga masuk agama islam, namun dirinya kembali lagi ke agama Budhanya. Hal ini tentu akan diijinkan karena hal ini merupakan pilihan diri sendiri tanpa adanya paksaan.

3. Peristiwa kegita bisa anda lihat dari kejadian Baron Tafinir yang menceritakan bahwa orang Yahudi masuk agama Islam namun pada akhirnya kembali lagi ke agama semula tentu tidak ada tuntutan apapun. Kebebasan dalam menentukan keyakinan menjadi hal yang sangat ditoleransi.

4. Peristiwa Dinasti Fathimiyah yang menunjukan bahwa ada tekanan kepada orang yang beragama Yahudi dan Nasrani untuk beralih ke Islam, namun dengan adanya toleransi maka setiap orang diberikan hak untuk kembali menganut kenyakinan yang mereka inginkan.

5. Peristiwa ke lima ini ditunjukan oleh Thomas Arnold yang mana dirinya sebagai salah satu pihak yang menyaksikan bahwa Islam menjadi salah satu agama yang sangat menjunjung tinggi nilai toleransi.

Masih ada banyak peristiwa yang menunjukan bahwa toleransi sangat dijaga dengan baik oleh setiap umat beragama. Bisa dihidup damai berdampingan dengan agama lain tentu menjadi harapan yang besar, toleransi menjadi ujung tombak untuk menjaga keutuhan persahabatan antar beberapa pihak. Toleransi memang sudah banyak ditunjukan sejak jaman nabi hingga sekarang sudah banyak bentuk toleransi yang dilaksanakan oleh setiap umat beragama yang ada di dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Toleransi Adalah Peradaban Islam"

Posting Komentar