Bingung Cari Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi? Yuk Cek Jawabannya Disini

Kulkas yang merupakan barang elektronik memang bisa menyusut dalam hal fungsi dan kegunaan nya. Ada kerusakan ringan yang bisa saja terjadi pada kulkas, seperti kulkas yang kurang dingin, karena itulah kita harus cari penyebab kulkas tidak dingin lagi.

Bagaimana jadinya kalau kulkasnya memiliki suhu yang cukup panas, tentunya makanan kita tidak bisa disimpan dengan baik dalam kulkas. Karena itulah tidak ada salahnya untuk mencari tahu penyebab kulkas tidak dingin lagi berikut ini agar kulkas anda bisa kembali pulih:

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Pengatur Suhu Diturunkan

Hal sepela yang bisa saja menjadi penyebabnya adalah karena pengatur suhu diturunkan sehingga suhu dalam kulkas kurang dingin. Bisa saja salah satu anggota keluarga anda menurunkan nya tanpa sepengetahuan anda, jadi cek saja dulu.

2. Freon Habis

Freon yang merupakan senyawa kimia tidak berbau, tidak berwarna dan tidak mudah terbakar ini adalah zat yang bisa mendinginkan kulkas. Kalau freon nya sudah habis, maka freon harus diganti dengan yang baru tentunya.

Kalau sudah habis, maka suhu dingin yang biasanya dikirimkan oleh freon ini tidak ada lagi sehingga suhu dalam kulkas akan hangat.

3. Evaporator Putus

Kalau sudah ada freon, tentunya ada penyalur suhu dingin yang sudah tercipta oleh freon, dan evaporatorlah aktor nya. Kalau evaporator putus, maka suhu dingin tidak dapat terkirimkan sehingga anda perlu mengatasinya.

4. Kompresor Kulkas Melemah

Bisa saja kompresor yang merupakan jantung dari kulkas melemah, sehingga suhu kulkas jadi memanas. Tidak ada salahnya untuk memanggil jasa service kulkas agar kulkas anda bisa segera tertangani nantinya.

5. Bunga Es

Bunga es yang terlalu lama tidak dibersihkan bisa membuatnya menggunung dan menutup lubang angin. Kalau sudah tertutup, maka suhu dingin yang sudah dikirimkan oleh evaporator tidak bisa dikeluarkan secara maksimal.

Apa jadinya kalau suhu tidak keluar? Maka suhu dalam kulkas akan hangat dan tidak ada suhu dingin di dalamnya. Anda bisa tahu sendiri bagaimana kalau suhu dingin melemah, pastinya makanan yang ada dalam kulkas akan lebih cepat membusuk.

Sebelum terjadi kerusakan yang lebih serius, sebaiknya anda segera mencari tahu apa saja penyebab kulkas tidak dingin. Cek satu persatu mulai dari freon, evaporator, bunga es hingga kompresor yang ada dalam kulkas tersebut.

Jangan lupa untuk membersihkan freezer agar tidak terjadi bunga es yang berlebihan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bingung Cari Penyebab Kulkas Tidak Dingin Lagi? Yuk Cek Jawabannya Disini"

Posting Komentar