Bagaimana Cara Transfer Lewat ATM BRI yang Mudah?

Bank BRI adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang memiliki banyak sekali nasabah di seluruh Indonesia. Tak hanya itu saja, ATM dari bank ini juga tersebar di seluruh Indonesia dan Anda bisa melakukan cara transfer lewat ATM BRI dengan mudah untuk keluarga atau kebutuhan lainnya. Nah, bagaimana caranya?

Cara Transfer ke Sesama BRI Lewat ATM


Cara Transfer Lewat ATM BRI

Anda bisa melakukan transfer sesama BRI melalui ATM dengan cara yang mudah. Hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja datang ke ATM Bank BRI terdekat yang ada di kota Anda. Sebelum mentransfer, pastikan jumlah saldo Anda mencukupi lebih dulu.

Nah, jika Anda transfer ke bank yang sama dan pakai mesin dan kartu ATM saja, maka tidak akan dikenakan biaya. Untuk langkahnya, pertama Anda harus memasukkan kartu ATM lebih dulu. Pastikan Anda tidak terbalik ketika memasukkannya. Setelah itu, tunggulah sesaat hingga menu pada layar muncul.

Lanjutkan dengan memilih bahasa. Ada dua bahasa yang bisa Anda pilih. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pilihlah. Tunggu sesaat hingga muncul pilihan menu lanjutkan dan klik menu tersebut yang ada pada pojok bawah layar. Lanjutkan dengan memasukkan pin. Lanjutkan lagi dengan pilih menu transfer yang ada di layar Anda.

Selanjutnya adalah pilih tujuan transfer BRI. Klik menu transfer ke sesama. Di sini, Anda tidak perlu memasukkan kode transfer sesama BRI karena kode tersebut memang tidak diperlukan saat mentransfer ke sesama. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkan nomor rekening tujuan dengan benar.

Lanjutkan dengan memasukkan nominal uang yang akan Anda transfer dan pilih benar setelahnya. Lakukan konfirmasi atas pembayaran dengan melihat nama si penerima dan nominal yang yang akan ditransfer pada layar informasi. Jika benar, Anda bisa pilih Ya untuk melanjutkan transaksi.

Tunggulah bukti transfer keluar sesaat sesudah Anda mengakhiri transfer. Struk akan keluar dari mesin ATM dan jangan lupa juga untuk mengeluarkan kartu ATM Anda bila Anda tak ingin melakukan transaksi pada layar.

Cara Transfer dari ATM BRI ke Bank Lain

Sekarang, Anda sudah tahu bagaimana cara transfer uang lewat ATM BRI ke BRI. Selanjutnya, Anda juga harus tahu bagaimana caranya melakukan transfer uang dari ATM bank BRI ke bank lain. Sebenarnya, cara transfer dari bank BRI ke bank lain tak jauh berbeda dengan transfer ke sesama bank BRI.

Hal yang membedakannya adalah Anda hanya perlu memasukkan kode bank tujuan. Untuk langkahnya, pertama Anda harus memasukkan kartu ATM BRI pada slot yang tersedia lebih dulu. Pastikan Anda memasukkannya pada posisi yang tepat dengan logo Bank BRI di pojok kanan bawah. Setelah itu, tunggulah beberapa saat.

Langkah selanjutnya adalah pilih bahasa. Ada dua bahasa yang bisa Anda pilih. Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Untuk mempermudah proses, Anda bisa memilih Bahasa Indonesia. Tunggulah sesaat hingga tampil menu baru dan klik pilihan Lanjutkan pada bagian pojok bawah layar.

Selanjutnya adalah masukkan pin ATM Anda. Ada  baiknya, tutupi tangan Anda ketika menuliskan pin dengan tangan lain agar tak ada yang mengetahui berapa pin Anda. Lanjutkan dengan memilih Transaksi. Layar mesin ATM akan memunculkan pilihan. Anda hanya perlu menekan tombol sejajar di samping layar tersebut dan klik Transaksi Lainnya.

Lanjutkan dengan pilih Transfer untuk melanjutkan. Lalu, pilih bank tujuan transfer pada layar ATM yang ada di opsi Bank Lain. Masukkan kode bank adalah langkah selanjutnya. Kode bank ini diikuti dengan nomor rekening tujuan ketika Anda mengetikkannya. Nah, bagaimana bila Anda tak hafal dengan kode bank tujuan?

Jika tidak hafal, Anda bisa memilih Daftar Kode Bank yang ada di bagian bawah. Akan muncul daftar kode bank dari banyak bank yang ada. Anda hanya perlu mengingat salah satunya dan klik Kembali untuk sampai ke menu sebelumnya. Setelah itu, masukkan kode dan nomor rekening sesuai dengan cara sebelumnya.

Lanjutkan dengan memasukkan nominal uang yang akan dikirim. Pastikan jumlah nominal yang Anda masukkan sudah sesuai rencana dan klik Benar setelahnya. Lalu, Anda akan diminta memasukkan nomor referensi. Jika tidak ada nomor referensi tertentu, Anda bisa melewati langkah yang satu ini.

Anda akan diminta melakukan konfirmasi data tujuan transaksi yang berisi nama bank, nomor rekening, atas nama pemegang rekening dan nominal yang ditransfer. Jika seluruh informasi yang tersedia sudah benar, klik Ya. Lanjutkan dengan ambil struk bukti transaksi dan keluarkan kartu ATM Anda dengan memilih Tidak pada menu di layar.

Nah, mudah saja menggunakan ATM BRI untuk mentransfer uang baik dari sesama bank BRI ataupun ke lain bank, kan? Selain menggunakan ATM, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan cara transfer lain yang lebih mudah. Misalnya saja menggunakan BRI SMS Banking atau Internet Banking.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Transfer Lewat ATM BRI yang Mudah?"

Posting Komentar