Ingin Beli Mobil Diesel Bekas? Simak 5 Tips Ini Dulu

Mobil Diesel Innova Bekas

Memilih mobil Innova sebagai kendaraan pribadi merupakan pilihan tepat. Sebab mobil satu ini memiliki spesifikasi mumpuni untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi dan keluarga. Dengan detail mesin dan performa yang baik membuat banyak orang menjatuhkan pilihan pada mobil satu ini.

Hal yang menjadi permasalahan adalah harga untuk sebuah Kijang Innova bermesin diesel ini cukup tinggi, mulai dari IDR 380 juta hingga IDR 450 juta. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengajukan kredit atau membeli mobil bekas. Apabila memilih membeli mobil bekas, maka harus berhati-hati agar tetap mendapatkan kondisi terbaik.


Tips Membeli Mobil Diesel Bekas

Ada beberapa keuntungan dari membeli mobil diesel, diantaranya irit bahan bakar dan murah. Akan tetapi, apabila Anda memutuskan membeli mobil dengan status bekas atau second, maka perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap mendapatkan kualitas terbaik. 

Berikut beberapa tips membeli mobil diesel bekas untuk Anda:


1. Menstarter Mobil Diesel

Cara mengecek mobil bekas adalah dengan menstarternya. Terutama apabila Anda mengecek mobil diesel. Cobalah untuk menghidupkan mesin yang masih dalam keadaan dingin. Apabila dalam beberapa kali starter mesin sulit menyala, berarti ada masalah pada bagian mesin atau komponen internalnya.

Jika mobil berhasil distarter, Anda jangan langsung senang. Selanjutnya harus mendengarkan dengan saksama suara yang keluar dari mesin. Injak pedal gas sesekali untuk mendengarkan suara yang dikeluarkan. Apabila terdapat suara knocking atau batuk yang dikeluarkan mesin berarti sistem pengapian bermasalah.

Pastikan juga Anda membuka bagian kap mobil untuk memeriksa keadaan mesin. Perhatikan apakah terjadi kebocoran oli dengan mengecek adanya ceceran atau tidak. Selain itu cek manifold-nya apakah knalpot dalam keadaan basah atau kering, lakukan pemeriksaan hingga selang apakah mengalami kebocoran atau tidak.


2. Cek Kompresi Mesin

Innova merupakan salah satu tipe kendaraan bermesin diesel di mana ketika Anda membeli mobil jenis ini dalam kondisi bekas, maka harus mengecek kompresi mesin dengan tahapan; nyalakan mesin, buka penutup wadah saluran oli mesin, dan injak pedal gas.

Amati apakah terdapat hembusan udara kuat keluar dari saluran oli, apabila tidak ada maka mesin dalam kondisi bagus. Jika yang terjadi sebaliknya, maka kompresi mesin mobil tersebut bermasalah.


3. Mengecek Tegangan Baterai Mobil

Mobil diesel Toyota Innova menggunakan baterai bertegangan 12 volt, untuk mengecek apakah baterai menyala atau tidak, Anda bisa menggunakan voltmeter. Lakukan pengecekan di dashboard mobil, apabila indikator tidak menyala dalam kondisi kunci kontak menyala, berarti kondisi baterai masih bagus. 


4. Periksa Anomali pada Asap Knalpot

Mesin bermesin diesel dikenal mengeluarkan jenis asap berwarna hitam dan dianggap menyebabkan polusi. Padahal tidak demikian, asap knalpot yang dikeluarkan mesin diesel malah jauh lebih rendah dari mesin bensin.

Lalukan pemeriksaan mesin dengan melakukan pemeriksaan pada keluaran asap, apabila mengeluarkan warna abu-abu berarti masih dalam tingkat keamanan yang baik. Jika asap yang dikeluarkan dari bagian knalpot berwarna putih, maka Anda perlu waspada karena kemungkinan ada masalah pada mesinnya.


5. Mengecek Konsistensi dan Kandungan Oli

Anda juga harus melakukan pengecekan pada bagian oli sehingga memastikan bahwa mobil diesel yang dibeli benar-benar keadaan yang baik. Membeli mobil diesel bekas memang memberikan keuntungan harga lebih murah, tapi jika tidak teliti bisa membeli mobil dengan kondisi kurang baik dan mengharuskan Anda mengeluarkan banyak biaya. 

Ketika Anda melakukan pengecekan pada kandungan oli dan menemukan warna hitam pekat, tidak perlu khawatir. Ini menandakan tingkat kandungan dan konsistensi oli masih bagus. Jika demikian, maka fungsi mesin masih bagus dan pemilik lama melakukan perawatan serta penggantian filter oli secara rutin sehingga performa mesin tetap terjaga.

Melakukan pembelian mobil Innova bekas memang perlu kehati-hatian agar tetap mendapatkan mobil dengan harga terbaik berkualitas bagus. Terutama karena mobil bermesin diesel memerlukan perawatan cukup rumit sehingga harus dicek dengan baik performa mobil diesel bekas yang ingin dibeli.

Agar mendapatkan Innova impian dengan harga terbaik Anda harus memilih penjual terpercaya. Jika perlu kunjungi showroom mobil khusus yang menjual berbagai mobil baru atau second karena kualitasnya lebih terjamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Beli Mobil Diesel Bekas? Simak 5 Tips Ini Dulu"

Posting Komentar