Programmer Open Source

Programmer Open Source

Masa depan perangkat lunak open source diyakini akan semakin berjaya dan berkembang pesat di era revolusi digital ini. Selama ini perangkat lunak tersebut masih menjadi alternatif untuk menghadapi penetrasi perangkat lunak komersial berlisensi yang dinilai memonopoli pasar. Perangkat lunak open source adalah perangkat lunak yang membuka atau membebaskan source code nya dapat dilihat oleh penggunanya dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari perangkat lunak tersebut. Pengguna perangkat lunak open source juga bisa memperbaiki atau bahkan mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik lagi. Keunggulan yang diperoleh dari open source ini adalah dapat diperoleh secara free atau gratis tanpa perlu membayar lisensi. Perangkat lunak open source dapat diperoleh di internet, salah satu perangkat lunak open source yang terkenal yaitu sistem operasi Linux.

Pemanfaatan open source untuk generasi muda seperti kaum milenial ini bisa meningkatkan wawasan dalam mengembangkan kreativitas sebagai technopreneur, selain itu open source merupakan jawaban dari ketimpangan sistem lisensi software yang cenderung kurang adil dan kapitalistik. Sehingga membuat Indonesia di era revolusi digital ini semakin mempercepat  visi Indonesia menjadi 10 ekonomi terbesar di dunia.

Programmer Open Source

Perangkat lunak open source biasanya juga dibangun memakai bahasa pemrograman open source. Banyak sekali contoh bahasa pemrograman open source, mulai dari Java, JavaScript, PHP, C++, Phyton, GoLang dan lain sebagainya. Programmer yang mempunyai kemampuan bahasa pemrograman open source sangat banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan besar. 

Perangkat lunak open source selalu membuka dan memberikan source code mereka secara gratis. Source code ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman open source juga. Kombinasi ini membuat perangkat lunak ini dapat dikerjakan dan dikembangkan secara bersama-sama dengan komunitas programmer open source dalam jumlah banyak. Komunitas programmer open source ini adalah ujung tombak pengembangan perangkat lunak open source ini sendiri.

Komunitas programmer open source ini sangat berkembang di luar negeri, sebagai contoh India dan Rusia adalah dua negara yang mempunyai banyak sekali komunitas programmer open source. Dua negara ini banyak memberikan kontribusi kepada perkembangan perangkat lunak open source di dunia.

Indonesia sebagai negara yang banyak mempunyai generasi muda seharusnya juga bisa bersaing dengan komunitas open source di dunia, sayangnya Indonesia masih kekurangan tenaga ahli programmer open source. Sekolah programmer yang berkualitas bisa membantu Indonesia dalam mengejar ketinggalan jumlah programmer open source ini.

Perangkat Lunak Open Source

Berikut ini merupakan beberapa contoh open source software yang popular, diantaranya seperti di bawah:

1. Linux, merupakan software sistem operasi yang gratis dan sangat popular.

2. XAMPP, merupakan paket software yang berguna untuk simulasi dan pengembangan web, termasuk juga di dalamnya Apache dan MySQL (database).

3. Mozilla Firefox, merupakan software yang berguna untuk menjelajahi halaman web di internet.

4. Open Office, merupakan paket software perkantoran yang berguna untuk mengolah kata, table, dan database.

5. osCommerce, merupakan software aplikasi web yang digunakan untuk toko online.

6. ClamAV & ClamWin, merupakan software antivirus.

7. Audacity, merupakan software perekam sekaligus pengolah audio.

8. GIMP, merupakan software pengolah foto dan juga gambar digital. 

9. VideoLAN, merupakan software pemutar file multimedia.

10. Blender, merupakan program untuk pembuatan model 3 dimensi, misalnya seperti animasi dan game.

11. Filezilla, merupakan software jaringan yang berfungsi untuk transfer file via protocol FTP pada jaringan computer atau jaringan internet.

12. Mplayer, merupakan software pemutar music yang berbasis open source.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Programmer Open Source"

Posting Komentar