Kini Anda Sudah Bisa Berdonasi Secara Online

Berdonasi Secara Online

Di era sekarang yang sudah serba menggunakan internet dan serba canggih ini, semua transaksi bisa dilakukan secara online bukan hanya untuk komunikasi, belanja, dan lainnya bahkan juga sudah bisa untuk donasi. Dulunya jika ingin berdonasi, harus mengunjungi badan penyalur dana donasi. Namun sekarang sudah bisa dilakukan secara online sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak berdonasi karena alasan lokasi yang jauh.

Kenali Lembaga Donasi

Sebelum melakukan donasi online, Anda perlu mengecek keaslian lembaga donasi online tersebut. Faktanya, lembaga donasi online begitu marak di Indonesia sehingga rata-rata donatur tidak yakin dengan pilihan mereka.

Pilih lembaga pendanaan yang mempunyai reputasi baik dan terpercaya di komunitas Anda. Baca juga tentang rekam jejak dan bukti donasinya agar tidak salah memilih. Anda juga dapat mencari di internet dengan membaca deskripsi dan review dari orang-orang yang telah menyumbang ke lembaga donasi tersebut. 

Lembaga dengan review yang lebih banyak positif apalagi memiliki penghargaan tentu lebih kredibel dan terpercaya. Lihat juga dokumentasi atau kegiatan donasi yang telah berhasil dilakukan. Lembaga donasi tepercaya biasanya mencantumkan aktivitas mereka sehingga donatur tahu bahwa uang mereka digunakan dengan benar.

Perhatikan Rekening Penghimpun Donasi

Pertama, periksa terlebih dahulu nama pemegang akun yang menerima donasi apakah atas nama individu atau organisasi. Apabila atas nama individu sebaiknya harus dicurigai karena takut disalahgunakan dan ditakutkan bukan milik lembaga tersebut karena diragukan mengapa sumbangan dikumpulkan ke perorangan dan bukan organisasi. 

Jadi sebaiknya lakukan transfer hanya dengan tujuan ke rekening penghimpun donasi berupa nama organisasi dan bukan perorangan sehingga pelaporan penyaluran dana juga lebih mudah diperiksa apabila ada hal yang mencurigakan dari lembaga tersebut. 

Juga disarankan untuk tidak mengirimkan donasi ke lembaga yang tidak dikenal melalui transfer bank atau layanan transfer uang. Faktanya, metode ini tidak memberikan perlindungan apa pun terhadap tanggung jawab jika terjadi penipuan.

Waspadai Email Ajakan Donasi Online

Kotak masuk Anda terkadang bisa saja berisi email dari organisasi atau lembaga donasi bencana dan pihak penggalangan dana. Jika Anda tidak yakin, periksa keakuratan lembaga tersebut secara online. Email yang diterima bisa saja terkadang berisi link di dalam konten. Ingat, jangan mengklik link tersebut karena bisa saja link tersebut merupakan link phising atau link yang akan merugikan Anda. 

Ada baiknya untuk mencari informasi lembaga tersebut langsung dari namanya yang diketik di mesin pencari daripada langsung klik link dari email tersebut. Hal ini juga untuk menghindari link palsu atau penipuan untuk menyesatkan donatur sehingga melakukan transfer ke tempat lain dan bukan ke lembaga yang asli. 

Tentang Wahana Visi Indonesia

Wahana Visi Indonesia merupakan sebuah organisasi kemanusiaan Kristen yang didirikan dnegan tujuan untuk memberikan pelayanan dalam dukungan dan pemberdayaan anak, keluarga, dan masyarakat serta berkolaborasi dengan organisasi dan masyarakat untuk membantu mereka yang rentan melalui advokasi, pendekatan pengembangan masyarakat, dan juga tanggap bencana yang diharapkan dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik tanpa memandang gender, ras, agama, dan suku. 

Wahana Visi Indonesia telah didirikan sejak tahun 1998 yang sudah menjalankan berbagai program untuk mendukung anak, keluarga, dan masyarakat hingga raturan ribu orang di Indonesia selama bertahun-tahun dan sudah banyak yang telah merasakan manfaat dari program yang dijalankan oleh WVI. 

Program yang dijalankan oleh Wahana Visi Indonesia merupakan program donasi jangka panjang di bidang pendidikan, perlindungan anak, kesehatan, dan peningkatan ekonomi keluarga. Anda bisa langsung mengunjungi wahanavisi.org kemudian klik Donasi. Akan banyak daftar kegiatan yang bisa Anda pilih untuk berdonasi dan membantu mereka yang membutuhkan. Anda bahkan bisa menjadi sponsor untuk anak dan membantu mereka mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kini Anda Sudah Bisa Berdonasi Secara Online"

Posting Komentar