Mengenal Apa Itu Menopause dan Beberapa Tandanya

Mengenal Apa Itu Menopause

Setiap wanita sejatinya perlu mengenal apa itu menopause karena nantinya, di usia tertentu, mereka akan mengalaminya. Pernahkah Anda mendengar tentang kondisi ini sebelumnya?

Dalam pengertian yang singkat, menopause merupakan sebuah masa di mana siklus menstruasi wanita secara alami akan berhenti. Masa atau periode ini umumnya terjadi ketika wanita memasuki usia sekitar 45 tahun hingga 55 tahun. 

Perlu diketahui bahwa wanita nantinya dikatakan mengalami menopause ketika ia sudah tidak mengalami menstruasi lagi minimal selama 12 bulan secara berturut-turut. Tentu, pada awalnya, ada beberapa tanda lain yang menjadi ciri wanita akan mengalami menopause.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa tanda umum yang terjadi menjelang wanita mengalami menopause. Tentu, mengetahui tanda ini menjadi penting agar wanita bisa mengetahui detail kondisi mereka dan tidak panik dengan perubahan yang terjadi.

Perubahan Umum Pada Wanita Menopause

Menopause yang terjadi pada wanita akan menyebabkan beberapa perubahan. Sebagaimana disinggung di awal, perubahan pertama yang terjadi adalah wanita tidak lagi mengalami menstruasi.

Selain itu, penampilan fisik dari wanita yang menopause juga akan terjadi di mana wanita akan memiliki fisik yang lebih lemah serta menua. Juga, ada perubahan kondisi psikologis pada wanita meskipun masing-masing terkadang memiliki perbedaan, termasuk hasrat seksual yang cenderung menurun.

Tanda-tanda ini perlu diketahui agar tidak terjadi kekhawatiran. Juga, wanita yang sudah menopause tidak lagi memiliki masa subur sehingga sudah tidak bisa hamil.

Tanda Umum Menopause

Sebagaimana disinggung di awal, menopause akan terjadi diawali dengan beberapa tanda. Tanda-tanda tersebut sebenarnya mulai terlihat pada masa transisi yaitu beberapa tahun menjelang menopause dan bisa menjadi sarana mengenal apa itu menopause. Secara umum, di masa tersebut, produksi hormon estrogen cenderung berkurang.

Adapun beberapa tanda umum menopause adalah sebagai berikut:

1. Menstruasi yang tidak teratur

Ketika mendekati masa menopause, maka wanita secara umum akan mengalami perubahan pada siklus menstruasi mereka. Hal ini ditandai dengan haid yang terjadi secara tidak teratur.

Umumnya, menstruasi akan terjadi secara teratur dan lancar meskipun ada selisih pada jumlah hari. Namun, menjelang menopause, siklus menstruasi cenderung lebih tidak teratur lagi dengan jumlah darah yang keluar hanya sedikit. Bahkan, tidak jarang jika wanita hanya akan mengalami flek saja menjelang menopause.

2. Masalah pada saluran kemih

Tanda lain yang terjadi menjelang menopause adalah masalah pada saluran kemih. Ya, menjelang masa menopause, wanita cenderung lebih susah untuk menahan pipis. Oleh karenanya, mereka akan lebih sering buang air kecil hingga menyebabkan nyeri.

Kondisi tersebut terjadi karena jaringan yang ada di bagian vagina serta saluran kemih wanita menjelang menopause cenderung lebih tipis. Akibatnya, elastisitas jaringan tersebut menurun. Juga, rendahnya hormon estrogen pada wanita menopause membuatnya rentan terkena infeksi saluran kemih. 

3. Insomnia

Insomnia atau kesulitan tidur juga menjadi tanda umum yang terjadi ketika wanita hendak mengalami menopause. Secara umum, kesulitan tidur yang terjadi dikarenakan penurunan kadar progesteron serta estrogen secara cukup signifikan di dalam tubuh.

Wanita di masa menjelang menopause yang mengalami masalah ini nantinya akan cenderung lebih mudah bangun di tengah malam. Juga, ia akan kesulitan untuk memulai tidur kembali sehingga kualitas tidur cenderung menurun.

Nah, beberapa tanda di atas adalah apa yang secara umum terjadi menjelang menopause. Tentu, dengan mengetahui tanda tersebut, Anda bisa mengenal apa itu menopause dengan lebih baik sehingga bisa melakukan beberapa tindakan untuk meringankan efek bagi tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Apa Itu Menopause dan Beberapa Tandanya"

Posting Komentar