Nama-Nama Lain Hari Kiamat di Dalam Al-Quran

Nama-Nama Lain Hari Kiamat di Dalam Al-Quran

Kita sebagai umat Islam wajib percaya dan yakin bahwa yang namanya hari akhir atau hari kiamat itu pasti akan terjadi. Meyakini datangnya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman di dalam Islam. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya, dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. al-Hajj : 7). 

Namun, tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui kapan hari kiamat itu terjadi. Hanya Allah Subhana wa Ta’ala saja yang mengetahuinya. 

Di dalam Al-Quran Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya :  Mereka menanyakan kepadamu tentang hari akhir : “Kapankah terjadinya?” Katakanlah : ”Sesungguhnya pengetahuan tentang itu (kiamat) ada pada sisi Tuhanku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba. Mereka bertanya kepadamu seakan-seakan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah : “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Tuhan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuui.” (QS. Al-A’raaf : 187). 

Di dalam Al Quran sendiri Allah Azza wa Jalla menyebutkan hari kimat  dengan nama-nama yang berbeda. Hal ini bertujuan agar umat manusia menyadari apa yang akan terjadi di hari kiamat nanti. Adapaun nama lain hari kiamat di dalam Al Quran antara lain :

1. Yaumul Jama’a (Hari Berkumpul)

Di dalam Al-Quran hari kiamat bisa disebut dengan nama Yaumul Jama’a yang artinya hari berkumpul. Karena memang pada hari kiamat nanti semua manusia akan dibangkitkan dari kuburnya, lalu Allah Subhana wa Ta’ala akan mengumpulkan mereka semua. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul yang tidak ada keraguan padanya,” *QS. Asy-Syura : 7). 

2. Al – Azifah (Suatu Yang Dekat)

Hari kiamat juga disebut dengan nama  Al – Azifah yang artinya suatu yang dekat. Dalam hal ini, Allah Subhana wa Ta’ala mengingatkan kepada manusia bahwa yang namanya hari kiamat itu adalah sesuatu yang dekat. 

Saking dekatnya, Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wassalam mengumpamakan jaraknya dengan jari telunjuk dan jari tengahnya. 

Sedangkan di dalam Al Quran Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Yang dekat (hari kiamat) telah makin mendekat,” (QS. An-Najm : 57).

3. Al-Qariah (Ketukan Keras)

Nama lain hari kiamat di dalam Al-Quran adalah Al-Qariah yang artinya ketukan keras. Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?” (QS. Al-Qariah : 3).

4. Yaumul Ba’ats (Hari Kebangkitan)

Hari kiamat disebut juga dengan nama Yaumul Ba’ats atau hari pembalasan. Karena memang semua manusia akan dimatikan dai hari kiamat. Lalu Allah Subhana wa Ta’ala bangkitkan kembali seluruh manusia dari alam kubur.

Hal ini tercantum dalam surat Ar – Rum ayat 56 yang berbunyi :

Artinya : “Sungguh, kamu telah berdiam (dalam kubur) menurut ketetapan Allah, sampai hari berbangkit. Maka inilah hari berbangkit itu, tetapi kamu tidak mengetahuinya,” (QS. Ar-Rum : 56).

5. As-Shakhkhah (Teriakan)

Nama lain hari kiamat yang terakhir adalah As-Shakhkhah yang artinya teriakan. Sebab hari kiamat ini akan menjadi hari yang sangat menakutkan dan mengerikan bagi manusia yang mengingkari kebenaran. Mereka akan berteriak dengan sangat keras saking takutnya dengan hari kiamat.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Maka apabila datang suara yang memekakkan (telinga),” (QS. Abasa : 33).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama-Nama Lain Hari Kiamat di Dalam Al-Quran"

Posting Komentar