Apa Itu Power User Startup? Pengertian dan Manfaat yang Bisa Didapatkan

Apa Itu Power User Startup

Demi mengembangkan startup agar bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan, tentu diperlukan strategi yang tepat dan terukur. Nah, salah satu strategi dan elemen penting untuk mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan power user. Apa itu power user startup?

Pertanyaan semacam itu cukup sering muncul karena faktanya memang masih banyak pebisnis yang belum memahami seluk beluk tentang power user sehingga pengembangan bisnis startup belum bisa dimaksimalkan. Padahal, power user adalah salah satu aspek paling penting perihal income pada bisnis.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas pengertian mendasar tentang power user dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Power User

Sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa power user memiliki kaitan yang erat dengan pengembangan sebuah startup. Dalam hal ini, ketika startup melakukan pengembangan sebuah produk dan merilis produk tersebut, maka tujuan awalnya adalah untuk mendapatkan pengguna dan konsumen sebanyak mungkin.

Dari pengguna dan konsumen tersebut, bisa dikatakan bahwa tidak semua pengguna akan bertahan serta membayar harga untuk mendapatkan fitur lanjutan yang tersedia. Hal inilah yang nantinya menjadi pemisah antar user yang sekadar mencoba serta power user.

Sekilas, power user bisa diartikan sebagai pengguna terbaik yang dimiliki oleh sebuah startup. Mereka merupakan pengguna yang memiliki antusias tinggi untuk menggunakan produk yang Anda miliki dan kembangkan. Lebih jauh, nantinya, power user akan menjadi semacam mesin yang akan membantu menghidupkan startup yang Anda kelola.

Keuntungan dan Manfaat Power User bagi Sebuah Startup

Seperti halnya dengan para pelanggan tetap, memiliki power user bagi sebuah startup adalah hal yang sangat menguntungkan. Ada beberapa keuntungan dan manfaat yang akan didapatkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan ACV

Peningkatan ACV atau Average Customer Value menjadi salah satu keuntungan dari power user. Perlu diketahui bahwa power user merupakan pelanggan yang berharga karena mereka setia untuk menggunakan produk yang Anda sediakan dan mau membayar untuk produk tersebut. 

Kesetiaan ini muncul dari pemahaman user mengenai value dari sebuah produk. Nah, meningkatkan pemahaman user akan value produk memang butuh usaha. Anda tidak hanya perlu sekadar memahami apa itu power user startup, melainkan juga melakukan investasi jangka panjang.

2. Mengurangi biaya akuisisi pelanggan

Akuisisi pelanggan bisa dikatakan memiliki biaya yang mahal. Ada beragam promo yang perlu dilakukan. Nah, jika Anda memiliki power user, maka Anda nantinya biaya akuisisi pelanggan tersebut akan cenderung lebih terjangkau. 

Namun, apa sebenarnya kaitan dari power user dan upaya akuisisi pelanggan?

Perlu diketahui bahwa power user cenderung memiliki antusias yang tinggi pada produk yang Anda tawarkan. Mereka tidak segan membahas produk bahkan memberikan rekomendasi ke orang lain. Secara tidak langsung, para power user tersebut menjadi agen promosi Anda.

3. Membantu menemukan value lain dalam sebuah produk

Manfaat lain dari power user adalah membantu Anda menemukan value sebuah produk. Tidak hanya memiliki antusias tinggi, power user juga memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi sehingga mereka bisa menjadi mitra untuk melakukan pengembangan sebuah produk khusus. 

Beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi manfaat dari power user dalam sebuah bisnis startup. Tentu, dengan beragam keuntungan tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu power user startup dan mencari strategi yang tepat demi perkembangan bisnis startup yang cenderung lebih maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Power User Startup? Pengertian dan Manfaat yang Bisa Didapatkan"

Posting Komentar