Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat

Dismenore atau yang juga kita kenal sebagai nyeri haid merupakan keluhan yang umum dialami wanita saat menstruasi. Rasa sakit biasanya terjadi di awal menstruasi, tepatnya di perut bagian bawah. Rasa sakit dapat berkisar dari ringan dan tidak mengganggu hingga parah dan tak tertahankan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. namun bagi wanita tidak perlu khawatir karena ada cara meredakan nyeri haid yang bisa dicoba. 

Gejala umum nyeri haid termasuk kram atau sakit perut bagian bawah, nyeri punggung bawah, rasa ditarik di paha bagian dalam, diare, mual, muntah, pusing, dan sakit kepala. Gejala-gejala tersebut akan hilang tanpa pengobatan, namun pada beberapa wanita, gejala yang memang muncul cenderung bertahan lama dan bertambah parah jika tidak ditangani. 

Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

1. Kompres Air Hangat 

Menerapkan panas ke perut dapat meredakan rasa sakit yang Anda rasakan. Air hangat bisa dituangkan ke dalam botol atau hot pad untuk dioleskan ke perut. Panas yang dikirim ke perut dapat mengendurkan otot dan mengurangi kram. 

Selain itu, panas juga membantu otot-otot rahim dan organ sekitarnya untuk rileks, sehingga secara otomatis mengurangi kram dan ketidaknyamanan. Anda juga dapat meletakkan bantal pemanas di punggung bawah untuk meredakan nyeri punggung. Selain itu, Anda bisa berendam di air hangat untuk membantu mengendurkan otot perut, punggung, dan kaki.

2. Olahraga Ringan

Jika Anda berpikir bahwa olahraga harus dihindari selama kram menstruasi, Anda salah. Padahal, olahraga dianjurkan pada saat nyeri karena dapat meredakan nyeri. Olahraga yang intens mungkin tidak dianjurkan ketika Anda mengalami rasa sakit. Namun, peregangan ringan, berjalan atau yoga akan membantu. Olahraga melepaskan endorfin, yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami.

3. Akupunktur

Ada banyak bukti bahwa akupunktur bisa menjadi cara yang efektif untuk mengobati nyeri haid. Bagi Anda yang belum tahu, akupunktur merupakan pengobatan tradisional yang menggunakan jarum tipis. Jarum ini ditusukkan ke kulit di area tubuh tertentu untuk merangsang saraf di area tersebut. 

Jika Anda menginginkan akupunktur, temui terapis profesional untuk melakukannya dengan aman. Jangan sembarangan memilih tempat berobat, karena penggunaan jarum akupunktur bergantian justru bisa menimbulkan penyakit baru.

4. Lakukan Pijat

Memijat perut bagian atas dengan lembut juga dapat membantu mengendurkan otot panggul dan mengurangi kram. Sebelum dipijat, Anda bisa mengoleskan minyak pijat, body lotion atau minyak kelapa ke kulit Anda agar lebih memberikan kehangatan dan lebih mudah saat dipijat. 

5. Menggunakan Minyak esensial

Mereka yang menggunakan minyak esensial ternyata dapat mengurangi nyeri haid lebih banyak daripada mereka yang hanya menggunakan carrier oil. Jika Anda ingin mencobanya, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial ini ke dalam minyak carrier untuk memijat perut Anda. misalnya seperti minyak esensial lavender yang dicampurkan beberapa tetes ke dalam minyak carrier almond.

6. Mengubah Pola Makan

Membuat beberapa perubahan pada diet Anda dapat mengurangi nyeri haid. Diet kaya asam lemak omega-3, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian membuat tubuh tetap sehat. Ingatlah untuk juga menjaga asupan cairan Anda dengan minum air putih, sup atau teh herbal untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. 

Dehidrasi adalah penyebab umum kram otot. Anda juga harus mengurangi asupan garam, karena ini dapat menyebabkan kembung dan retensi air. Selain garam, sebaiknya hindari minuman dan makanan yang mengandung kafein, karena dapat meningkatkan efek dehidrasi.

7. Minum teh chamomile

Jika Anda belum pernah mencoba teh chamomile, sekarang mungkin saat yang tepat untuk mencobanya. Teh bunga ini dapat membantu meredakan nyeri haid yang tidak disebabkan oleh penyakit. Teh chamomile telah dipelajari mengandung senyawa yang disebut hippurate. Hippurate awalnya merupakan senyawa alami dalam tubuh yang melawan peradangan. Senyawa anti inflamasi ini dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin, sehingga mengurangi nyeri haid.

8. Berhenti merokok

Selain buruk bagi kesehatan paru-paru, merokok juga dapat memperburuk kram menstruasi. Ini karena merokok membatasi suplai oksigen ke panggul. Oleh karena itu, berhenti merokok adalah cara terbaik untuk meredakan nyeri haid jika Anda seorang perokok aktif. Wanita yang merokok juga berisiko mengalami infertilitas atau ketidakmampuan untuk hamil.

9. Mengurangi stres

Tahukah Anda bahwa stres emosional dapat memicu rasa sakit dan memperburuknya? Saat menstruasi, stres bisa membuat kram perut semakin parah. Maka salah satu cara efektif untuk mengatasi kram menstruasi adalah dengan melakukan hal-hal yang dapat mengurangi stres. Setiap orang punya cara tersendiri untuk menghilangkan stres. 

Saat stres melanda, Anda bisa mulai mengambil napas dalam-dalam sambil mengembuskan napas perlahan. Teknik pernapasan ini adalah cara termudah untuk menghilangkan ketegangan dan mengurangi beban di kepala.

Inilah cara meredakan nyeri haid secara alami tanpa obat. Namun jika nyeri haid sangat parah hingga sudah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat mengunjungi charmgirlstalk.com untuk mendapatkan informasi lengkap dan bermanfaat ketika haid.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami Tanpa Obat"

Posting Komentar