Venture Capital Terbaik, Inilah Profil dan Sejarah Perusahaan Alpha JWC Ventures

Profil dan Sejarah Perusahaan Alpha JWC Ventures
Photo by RODNAE Productions

Siapa yang tidak kenal dengan Alpha JWC Ventures, sebuah perusahaan modal ventura Indonesia yang merupakan perusahaan modal ventura. Pada tahap awal, perusahaan ini memiliki aset yang dikelola oleh AUM. 

Ada banyak perusahaan yang menerima pendanaan ekuitas dari Alpha JWC Ventures. Adanya suntikan dana dari Alpha JWC Ventures tentunya akan membawa banyak keuntungan bagi para pelaku usaha khususnya para calon wirausahawan 

Selain meningkatkan usaha, pendanaan ini tentunya akan membawa banyak keuntungan lainnya.Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Profil, Sejarah, Portofolio, Portofolio Alpha JWC Ventures, berikut penjelasannya!

Profil Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures adalah pemegang saham minoritas dari Goola yaitu sebagai pemegang saham terbesar dan pendiri perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures telah berinvestasi di beberapa startup ternama seperti Lemonilo, Bobobox, Kredivo, Zenius, Kopi Kenangan dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, portofolio Alpha JWC Ventures mencakup 57 perusahaan.

Alpha JWC Ventures dapat digambarkan sebagai perusahaan modal ventura berpemilik yang fokus berinvestasi pada startup berbasis teknologi di Indonesia.

Sejarah Alpha JWC Ventures

Alpha JWC Ventures pertama kali didirikan pada tahun 2015. Dana awal awal perusahaan ini sekitar US$50 juta, yang diluncurkan pada tahun 2016 sebagai dana modal ventura institusional independen pertama di Indonesia. Selama bertahun-tahun, Alpha JWC Ventures telah membangun reputasi yang sangat baik dan posisi yang jelas di pasar, dikenal sebagai perusahaan modal ventura terbesar dan terkemuka dengan jaringan yang sangat luas. 

Pada tahun 2019, dana menutup kedua perusahaan sebesar $123, kemudian dana ketiga ditutup dengan penutupan nosional $433 pada tahun 2021. Baik dukungan over-demand maupun dukungan mitra terbatas di Asia, AS, dan Eropa Alpha JWC Ventures adalah perusahaan yang saat ini mengelola benih terbesar dana panggung di Asia Tenggara. 

Faktanya, 60 perusahaan portofolio saat ini aktif di seluruh Asia Tenggara.

Portofolio Alpha JWC Ventures

Seperti dibahas di atas, ada lebih dari 50 perusahaan yang telah menerima pendanaan ekuitas dari Alpha JWC Ventures. Berikut adalah beberapa perusahaan yang menerima pendanaan dari Alpha JWC Ventures.

1. Lemonilo

2. Kopi Kenangan

3. Ajaib

4. CarroGudangada

5. Style Theory

6. Bobobox

7. Kredivo

Manfaat modal ventura bagi perusahaan

Berikut beberapa manfaat modal ventura bagi perusahaan: 

1. Peningkatan Operasional

Secara tidak sengaja, suntikan modal Alpha JWC Ventures dapat membantu start-up bergerak lebih aktif dengan cara yang lebih menguntungkan, yang tentunya dapat menciptakan momentum komersial yang baik dan bekerja secara optimal. Peningkatan aktivitas perdagangan dapat menghasilkan keuntungan dan pendapatan yang lebih optimal di kemudian hari. 

2. Potensi Peluang Bisnis yang Lebih Baik 

Kehadiran Alpha JWC Ventures dapat meningkatkan potensi bisnis yang baik di masa mendatang. Karena modal yang diberikan dapat mendorong perusahaan untuk mengeksekusi rencana yang diberikan. 

Untuk itu, tidak heran jika perolehan modal dapat langsung dimanfaatkan oleh para pelaku komersial untuk memulai atau mengembangkan usahanya. Tentunya hal ini juga berlaku bagi start-up yang menghimpun modal untuk mendukung inovasi dalam menjalankan bisnisnya. 

Sehingga perusahaan dapat berfungsi lebih progresif dan lebih baik. Tentunya dengan kemajuan ini, perusahaan memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi.

3. Dipercaya oleh Bank

Suntikan dana dari Alpha JWC Ventures secara tidak langsung dapat memperkuat kepercayaan terutama pada perusahaan perbankan. Tentunya hanya perusahaan-perusahaan bagus yang bisa mendapatkan suntikan dana dari Alpha JWC Ventures, sehingga dengan modal tersebut tentunya dapat memberikan keuntungan bagi bisnis startup, sehingga banyak bank yang akan dipercaya. 

Oleh karena itu, ketika perusahaan membutuhkan bantuan pinjaman bank, prosesnya menjadi jauh lebih mudah. 

4. Pemasaran yang Optimal

Berkat modal yang diterima perusahaan startup, hal ini dapat membantu dan mendukung pemasaran menjadi lebih optimal. Sistem pemasaran yang baik tidak diragukan lagi merupakan jantung dari bisnis yang berfungsi dengan baik, termasuk perusahaan rintisan.

Dengan modal tersebut, kini terjadi pemasaran yang optimal. 

5. Rentabilitas

Keuntungan lain dari modal yang diberikan oleh Alpha JWC Ventures adalah Anda bisa mendapatkan rentabilitas yang lebih baik saat mengembangkan perusahaan startup. Dengan mekanisme ini, perusahaan rintisan dapat merampingkan biaya produksi dengan lebih mudah. 

Hal ini tentunya dapat memberikan keuntungan yang lebih baik bagi perusahaan di masa yang akan datang.

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura 

1. Presentasikan Rencana Bisnis

Buat rencana bisnis yang baik untuk dipresentasikan kepada investor. Gunakan gaya bahasa yang baik dan sederhana untuk menjelaskan profil perusahaan. 

Menyediakan data yang akurat dan lengkap sehingga investor dapat memahami bisnis yang dijalankan dan menghindari kesalahpahaman. 

2. Keikutsertaan dalam start-up fair

Biasanya pameran startup dihadiri banyak investor mencari perusahaan baru untuk menyuntikkan modal. Kegiatan pameran membuka peluang untuk memperoleh pembiayaan dan membangun jaringan untuk meningkatkan kinerja bisnis.

3. Due Diligence

Pada fase ini, startup menghadirkan dirinya langsung kepada investor. Investor akan menanyakan tentang rencana bisnis dan kemungkinan masalah risiko yang akan muncul. 

4. Penandatanganan Perjanjian Kerjasama

Investor dan perusahaan akan membuat kesepakatan di antara mereka. Jika perusahaan memang dalam tahap uji tuntas, ia menyatakan dirinya usang.

Mereka berdua menangani dokumen administrasi dan dokumen hukum yang diperlukan.

Penutup

Demikian itulah profil dan sejarah singkat mengenai Alpha JWC Ventures yang telah menjadi perusahaan modal ventura terpopuler di Indonesia dan Asia Tenggara.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Venture Capital Terbaik, Inilah Profil dan Sejarah Perusahaan Alpha JWC Ventures"

Posting Komentar