Mengenal Pipa PVC, Kelebihan dan Spesifikasi Pipa PVC

Kelebihan dan Spesifikasi Pipa PVC

Kini banyak produsen pipa Indonesia mengeluarkan berbagai jenis pipa yang bisa digunakan untuk kebutuhan pembangunan, terutama untuk dijadikan saluran air bersih maupun kotor. Jenis-jenis pipa dan ukuran yang beragam akan disesuaikan dengan yang dibutuhkan.

Salah satu jenis pipa yang sering digunakan adalah pipa PVC, yang sangat umum digunakan untuk saluran air pada rumah. Pipa PVC kian populer karena memiliki ketahanan yang kuat, dan juga ringan. Jika Anda ingin tahu informasi lebih lanjut tentang pipa PVC, ketahui terlebih dahulu pengertian dan fungsi dari pipa PVC, sebagai berikut:

Pengertian Pipa PVC

Pipa PVC adalah jenis pipa termoplastik terbuat dari Polyvinyl Chloride. Harganya yang murah dan pemasangannya yang mudah membuat pipa ini banyak diminati dan populer digunakan di seluruh dunia. Di Indonesia sebagian besar rumah dibangun dengan sistem perpipaan yang menggunakan pipa PVC juga.

Dengan menggunakan bahan PVC ini menjadi awal dari industri pipa yang tidak lagi menggunakan bahan logam, melainkan bahan termoplastik. Karena pipa non logam, pipa ini lebih ringan dan tidak menimbulkan karat. Jadi sangat aman digunakan untuk saluran air pada sebuah bangunan.

Fungsi Pipa PVC

Umum diketahui bahwa fungsi pipa PVC adalah sebagai saluran air, namun ada beberapa fungsi lainnya dari pipa PVC sebagai berikut:

- Sebagai Saluran Air Bersih dan Saluran Air Kotor/Limbah

Dalam suatu hunian, pasokan air bersih adalah sesuatu yang sangat penting yang dan sangat dibutuhkan. Air bersih bisa digunakan untuk memasak, mencuci, mandi dll. Maka dari itu untuk merasakan manfaat air bersih pada hunian, diperlukan pipa untuk mengalirkan air bersih.

Dengan pipa, air bersih akan disalurkan dari saluran air utama ke keran-keran yang ada di hunian.  Pipa PVC dinilai lebih unggul karena tidak mengandung kandungan zat kimia atau zat yang berbahaya lainnya, dan menghasilkan air bersih yang aman untuk dikonsumsi dan digunakan untuk keseharian.

Pipa PVC tidak saja digunakan untuk mengalirkan air bersih saja, melainkan juga berfungsi untuk mengalirkan air kotor, limbah, atau saluran kotoran menuju septic tank.

- Sebagai Pelindung kabel

Pipa PVC bisa juga digunakan untuk merapikan kabel listrik di dalam rumah. Penghuni rumah bisa merancang rumah dengan kabel yang tersembunyi dibalik pipa PVC. Hunian akan terlihat lebih rapi dan aman apabila semua kabel tersimpan dengan rapi dan tersembunyi. 

- Fungsi lainnya

Selain dengan ketiga fungsi di atas, Pipa PVC juga memiliki fungsi seperti untuk sprinkler, irigasi, dan saluran bahan kimia. Untuk tekanan rendah, pipa pvc bisa digunakan untuk pembuangan air hujan, pembuangan limbah dan selokan, dan pembuangan air di jalan raya.

Pipa PVC juga mudah ditemukan, bisa didapatkan di toko bahan bangunan terdekat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Pipa PVC, Kelebihan dan Spesifikasi Pipa PVC"

Posting Komentar